Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, H Tatang saat meresmikan Masjid Besar Baitul Maghfiroh Kecamatan Purwadadi. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Peringati Maulid Nabi di Dusun Ciawitali, Kecamatan Purwadadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis turut menghadiri kegiatan tersebut.

Selain memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, secara resmi Sekda H Tatang juga sekaligus meresmikan Masjid Besar Baitul Maghfiroh Purwadadi, pada Selasa (24/10/2022).

Dalam sambutannya, H Tatang menyampaikan bahwa kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan anugerah yang besar dan berita gembira.

Dimana kehadirannya, membawa begitu banyak pembaharuan paradigma dan budaya.

H Tatang pun mengajak masyarakat yang hadir, dan mengingatkan kembali bahwa tepat rasanya jika masyarakat senantiasa meneladani Nabi Muhammad SAW dalam setiap aspek kehidupan.

Semangat Pembaruan

Menurut H Tatang, masuknya era globalisasi dan modernisasi membawa pembaharuan pada berbagai aspek kehidupan.

Secara bersamaan juga membawa ekses negatif seperti degradasi moral, penyalahgunaan narkoba, lunturnya persatuan dan kesatuan, masuknya ideologi yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa dan sebagainya.

Maka dari itu, H Tatang menekankan betapa pentingnya memegang prinsip-prinsip dan ajaran keagamaan sebagai cahaya yang menghindarkan manusia dari kehilangan arah, serta sebagai pegangan prinsip dari arus zaman.

“Oleh karena itu, mengingat dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tidak boleh hanya serta-merta dimaknai sebagai rutinitas tahunan saja. Melainkan harus kita maknai bersama sebagai pembaharuan semangat meneladani perangai mulia Rasulullah,” ujarnya.

Optimalisasi Masjid

Perjuangan dakwah Rasulullah, sambung H Tatang, dengan para sahabat pada waktu itu dimulai dari masjid dengan bermusyawarah menyusun kekuatan untuk tersebarnya Risalah Islam.

“Oleh karena itu peran dan fungsi masjid memiliki kontribusi besar dalam mensyi’arkan Islam,” imbuhnya.

“Untuk itu, mari kita memakmurkan dan ramaikan masjid dengan kegiatan ibadah mahdhah dan ghair mahdhah sebagai implementasi rasa syukur kit kepada Allah SWT,” ajaknya.

Terakhir, dengan hadirnya masjid besar Bitul Maghfiroh ini, H Tatang berharap semoga bisa memberi inspirasi dan manfaat yang besar khusus bagi jama’ah Desa Purwadadi dan umumnya bagi masyarakat semua.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAksi Prajurit TNI Berhasil Gagalkan Percobaan Bunuh Diri Penumpang Kapal di Laut Natuna
Artikulli tjetërPelantikan Pengurus MUI Ciamis, Sekaligus Pembagian BLT dan Rutilahu