Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, HMI Ciamis menggandeng DPRKPLH Ciamis adakan kajian pengelolaan sampah di Sekretariat HMI Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, HMI Ciamis gelar pengkajian pengelolaan sampah.

Pada kegiatan tersebut, HMI turut menghadirkan narasumber dari DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Ciamis.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Analisis Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Implementasi Pembangunan Berkelanjutan’ ini berlangsung pada Jumat (14/6) di Sekretariat HMI Cabang Ciamis.

Hadir selaku narasumber Kepala Seksi Pengembangan Persampahan DPRKPLH Ciamis Wardianto.

Sementara peserta yang mengikuti kajian tersebut yakni perwakilan dari setiap komisariat se wilayah kerja HMI Cabang Ciamis.

Dalam pemaparannya, Wardianto menyampaikan pentingnya memahami manfaat pengolahan sampah dengan cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

“Sosialisasi ini menjadi upaya kita untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan sampah di Kabupaten Ciamis,” kata Wardianto.

Baca Juga : World Envirommen Day 2024, DPRKPLH Ciamis Ajia Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Lingkungan 

Ia berharap, ke depan, pihaknya bersama HMI Ciamis bisa terus bekerjasama dalam hal inovasi lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis.

“Semoga juga bisa ada tindak lanjut terkait Bank Sampah, serta dalam hal pengelolaan, dan penanganan masalah sampah,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Lingkungan Hidup (LH) HMI Ciamis, Fuad Hasanudin menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting.

Menurut Fuad, dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat perlu adanya kesadaran dari masyarakat dan semua pihak untuk mewujudkan itu.

Ia melanjutkan, pemanfaatan dan pengelolaan sampah harus terus optimalkan pada lingkungan masyarakat dan mahasiswa.

“Sampah sebagai disebut sebagai permasalahan yang sering kita hadapi, namun bisa menjadi berkah ketika kita mampu mengelolaannya,” katanya.

Ia pun mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih pada DPRKPLH Ciamis yang senantiasa memfasilitasi dalam hal bersama-sama mendorong lingkungan sehat tanpa sampah.

“Terimakasih tentunya atas kerjasamanya, semoga HMI Ciamis bisa lebih berkarya dan berinovasi juga bersama lembaga terkait untuk kemajuan Ciamis. Terutama dalam pengelolaan sampah,” tandasnya.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAngka Stunting di Pangandaran Alami Kenaikan, DKBP3A Adakan Intensifikasi Pelayanan Kesehatan
Artikulli tjetërPj Gubwenur Jabar Dorong Semua Pihak Aktif Cegah Perundungan, Bisa Lapor ke Aplikasi Sapawarga