Bupati Ciamis memberikan penghargaan kepada prajurit Kodim 06/13 Ciamis momentum HUT TNI di Halaman Pendopo Bupati Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) ke-78 TNI berlangsung pada Kamis (5/10/2023).

Tepat pada tanggal 5 Oktober ini, Tentara Nasional Indonesia merayakan hari jadi yang ke-78 dengan tema ‘TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju’.

Untuk di Kabupaten Ciamis sendiri, upacara peringatan HUT TNI ini digelar secara khidmat di Halaman Pendopo Bupati Ciamis.

Turut hadir Walikota dan Wakil Walikota Banjar, Jajaran Forkopimda Ciamis dan Banjar beserta para tamu undangan lainnya.

Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P, M.I, Pol., bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan amanat panglima TNI Yudo Margono.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengungkapkan berdasarkan hasil survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat baik dalam maupun luar negeri.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini.

“TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan,” kata Panglima TNI dalam amanat tertulis.

Komitmen Mengawal Demokrasi Indonesia

Tema HUT ke-78 kali ini, yaitu ‘TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju’.

Maka pihaknya mengharapkan kepada seluruh prajurit TNI sebagai komponen utama pertahanan negara.

Berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024,” jelasnya.

Ia melanjutkan, kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

Panglima TNI memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit melalui amanatnya.

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas.

Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Menjaga kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ketiga, melaksanakan komitmen netralitas TN, pedoman dan perintah yang telah berikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan Polri, kementerian atau lembaga dan komponen bangsa yang lainnya.

Hal itu demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk,” jelasnya.

Kelima, tetap menjaga nama baik TNI dimana pun berada, pentingnya mengingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Selepas upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan

Serta pemberian hadiah Desa terbaik di Kabupaten Ciamis dan Banjar, yang diserahkan secara langsung Oleh Bupati Ciamis beserta jajaran.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAdakan Penandatanganan Komitmen Bersama, Ini Upaya Pemkab Ciamis Wujudkan Smart City
Artikulli tjetërLaunching Balai Ternak Baznas Ciamis, Wabup Yana : Upaya Menuju Kemandirian Ekonomi