Kolaborasi Dinsos Ciamis bersama Yayasan Global Village Fondation Bali bantu Penyandang Disabilitas di Kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan kursi roda adaptif. Foto/Ist

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 170 penyandang disabilitas Kabupaten Ciamis mendapat bantuan kursi roda adabptif.

Penyerahan bantuan berlangsung di halaman Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis, Rabu (21/6/2023).

Kepala Dinsos Ciamis, Eka Oktaviana mengatakan bantuan yang pihkanya salurkan tersebut bersumber dari Yayasan Global Village Foundation Bali.

“Penyaluran kursi roda untuk penyandang disabilitas Cerebral Palsy sebanyak 170 unit bersumber dari Yayasan Global Village Foundation Bali,” kata Eka.

Menurut Eka, bantuan kursi roda adaptif sangat bermanfaat, karena membuat anak berkebutuhan khusus bisa beradaptasi dengan dunia luar.

Eka pun berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para penerima.

Eka mengajak kepada semua masyarakat bisa menyalurkan bantuan yang lainnya untuk saudara sesama yang berkebutuhan khusus.

“Ini sesuai dengan instruksi Pak bupati Ciamis, kita harus memberikan pelayanan publik yang optimal, termasuk pelayanan untuk masyarakat disabilitas,” ucapnya.

Diketahui, Cerebral Palsy (CP) merupakan kelainan kongenital pada gerakan, otot atau postur, penyebabnya perkembangan otak yang tidak normal.

Kolaborasi Dinsos bersama Yayasan Global Village Fondation Bali bantu Penyandang Disabilitas di Ciamis 

Perwakilan Yayasan Global Village Fondation Bali, Putu Yanuarda, mengatakan penyaluran kursi rodas berlangsung selama empat hari.

Putu menyebutkan, bantuan kursi roda adaptif khusus untuk anak dibawah usia 12 tahun.

“Karena keterbatasan orang untuk melakukan pemasangan kursi roda, khusus untuk anak disabilitas berat, hari ini kita menyalurkan 30 unit,” katanya.

Selain memberikan bantuan kursi roda, pihak yayasan juga melakukan terapi khusus bagi anak penderita CP

Ke depan kata Puti, para orang tua pun akan mendapatkan pelatihan terapi tersebut, sehingga nantinya dapat melakukan terapi sendiri kepada anaknya di rumah.

“Ada terapi khusus yang kami lakukan dalam acara ini oleh orang Australia kepada orang tua penderita CP,” ucap Putu.

Putu menyampaikan, pemberian kursi roda di Ciamis karena adanya permintaan dari TKSK dan peran serta komunitas yang menaungi Disabilitas.

“Terima kasih kepada komunitas, TKSK dan peran serta Dinsos Ciamis yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar dan tepat sasaran,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas (PPDI), Dodo, menyampaikan terima kasihnya kepada pihak yayasan terutama Dinsos Ciamis.

“Terima kasih kepada Dinsos Ciamis yang memfasilitasi kami orang berkebutuhan khusus untuk bisa mendapatkan kursi roda dari pihak yayasan,” ucapnya.

Selian itu, Dodo juga berharap selain bantuan kursi roda ada juga bantuan lainnya untuk membantu orang berkebutuhan khusus lainnya.

“Semoga ke depannya ada juga bantuan seperti alat pendengaran untuk tuna rungu, tongkat putih untuk tuna netra,” ucapnya. (Hendri/PasundanNews.com)

 

Artikulli paraprakDinsos Provinsi Sumatera Barat Sambangi Pemkab Ciamis, Ada Apa?
Artikulli tjetërTuntutan Tak Diindahkan, Puluhan Eks Karyawan KSP Serambi Dana Sampaikan Fakta ke Wasnaker Jabar