Ketua DPD AMPI Kabupaten Ciamis, Mohamad Ijudin, M.Pd. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ketua DPD AMPI Kabupaten Ciamis, Mohamad Ijudin sosialisasikan nilai-nilai Pancasila dalam rangka membentuk karakter nasionalisme.

Hal tersebut disampaikan kepada generasi muda dan tokoh pemuda saat kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

Kegiatan berlangsung di Aula Samara Binangkit Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Minggu (31/7/2022).

“Pemuda sebagai generasi bangsa dalam pembentukan karakternya harus tetap menanamkan nilai pancasila dalam kehidupan,” katanya.

Ia melanjutkan, kurangnya pemahaman generasi muda saat ini terkait pentingnya melaksanakan nilai-nilai pancasila yang menjadi landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Yaitu dari Pancasila, UUD 1945 menjadi landasan Konstitusi, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurutnya, terdapat 5 karakteristik dan Peradaban Manusia berdasarkan Pancasila.

“Adab manusia dalam Pancasila yaitu, adab sebagai mahluk bertuhan, adab kemanusiaan, adab kebangsaan, adab kepemimpinan dan adab hukum yang berkeadilan,” jelasnya.

Selain menyampaikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan, Ijudin pun memaparkan tentang pentingnya kriteria dalam memilih pemimpin.

“Syarat dalam memilih seorang pemimpin paling tidak ada tiga kriteria, yaitu Berilmu, Cerdas, Orang yang paling bagus integritasnya atau dalam islam pemimpin yg berakhlak baik (ahklakulkarimah),” paparnya.

Berkaitan dengan itu pun, Ijudin menambahkan, bahwa integritas politik menentukan integritas kepemimpinan, melahirkan tata kelola negara yang lebih baik dan lebih dekat dengan kesejahteraan.

Untuk diketahui, panitia pelaksana merupakan DPC AMPI Kecamatan Cijeungjing.

Lalu peserta melibatkan perwakilan seluruh tokoh lapisan masyarakat se wilayah Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaPerbaiki Jalan di 8 Perumahan, Pemkab Ciamis Juga Canangkan Penataan Ruang Publik
Artikel berikutnyaDiduga Penyusup, Oknum Pengurus HMI Bandung Pakai Kalung Salib