Mohamad Ijudin, M.Pd. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Mohamad Ijudin berkesempatan menjadi narasumber di acara pengajian rutin lingkungan di Dusun Cinangsi, Desa Janggala Kecamatan Cidolog.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut tokoh agama, stakeholder dan tokoh pemuda serta masyarakat setempat.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Nurul Ihsan pada Minggu (22/1/2023), Mohamad Ijudin menyampaikan tentang pentingnya nilai silaturahmi.

Kang Ijudin sapaan akrab Ketua DPD AMPI Kabupaten Ciamis ini menyampaikan, silaturahmi merupakan salah satu amalan yang harus umat muslim lakukan.

Silaturahmi ini kata Kang Ijudin bertujuan salah satunya untuk menyambungkan tali persaudaraan, memberikan kebermanfaatan dan mencari berkah.

“Salah satu tujuan manusia lahir ke dunia ini adalah untuk mencari keberkahan,” ujarnya.

Pentingnya menjalin silaturahmi kata Kang Ijudin tertuang salah satunya dalam surat QS An-Nisa ayat 36.

Dalam ayat tersebut Allah SWT memerintahkan manusia untuk senatiasa berbuat baik pada kedua orag tua, karib kerabat, anak yatim, orang miskin.

Kemudian kepada tetangga dekat dan yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang setiap umat muslim miliki.

“Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. Begitu isi dalam surat tersebut,” ucapnya.

Rasulullah SAW sendiri pun lanjut Kang judin, menghendaki betapa pentingnya menjalin tali silaturahmi.

Selain manfaatnya dapat memperpanjang umur dan memudahkan rezeki juga menumbuhkan keimanan seorang muslim.

Bahkan, Allah SWT sangat menyukai hambanya yang menjaga silaturahmi dan sangat membenci pemutus tali silaturahmi.

“Allah SWT akan dekat pada hambanya yang ramah dan penuh perhatian kepada saudaranya,” kata Alumni Pondok Pesantren Asshidiqiyah Jakarta ini.

Lebih lanjut Kang ijudin menyebutkan, memasuki bulan Rajab 1444 H, Ia mengajak untuk mengisinya dengan aktifitas yang bermanfaat secara luas.

“Bulan Rajab menurut Islam merupakan bulan yang mulia. Bisa kita isi dengan aktiftas memberikan keberkahan dan kebermanfaatan,” katanya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Koko (40), mengaku bangga dan kagum terhadap Mohamad Ijudin.

“Saya sangat kagum terhadap sosok Kang Ijudin, beliau memberikan tausiyahnya dengan contoh logika, sehingga mudah kami pahami,” ucapnya.

Selan itu, menurut Koko, nampak sikap istiqomah pada diri Kang Ijudin dalam menjalin silaturahmi pada sesama.

“Berangkat dari keistiqomahannya itu beliau hadir ke kampung kami dengan letak geografis yang memang medannya cukup ekstrim,” tuturnya.

Mewakili masyarakat setempat, Koko pun turut mendoakan Kang Ijudin agar terus istiqomah dalam menebarkan nilai kebaikan pada masyarakat.

“Mewakili masyarakat, turut mendoakan beliau untuk tetap istiqomah, diberikan kesehatan dan kelancarkan segala urusan dan mudahkan segala tujuannya” ucapnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaWabup Ciamis Apresiasi Kinerja, Momen Milad Baznas yang Ke-22
Artikel berikutnyaGelar Workshop, PUSKIT Cianjur Perkuat Pelaku UMKM