Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin memimpin Rapim Gubernur sekaligus Penandatangan Komitmen Shadow Target di Tahura, Kabupaten Bandung, Rabu (5/6/2024). Foto/Biro Adpim Jabar.

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Pemprov Jawa Barat lakukan penandatanganan komitmen shadow target guna percepatan pembangunan inovatif.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin dan Sekda Jabar Herman Suryatman adakan rapat pimpinan bersama seluruh kepala perangkat daerah di lingkup Pemprov.

Penandatanganan tersebut dilakukan di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda di Kabupaten Bandung, Rabu (5/6/2024).

Bey mengatakan, tujuan utama dari Komitmen Shadow Target guna perangkat daerah di Jabar tidak melulu bekerja secara normatif.

“Tujuan (penandatanganan) agar OPD mencari terobosan dan inovasi yang harus terus dilakukan. Kalau hanya bekerja rutinitas, ya, hasilnya juga seperti itu,” kata Bey.

Ia melanjutkan, penandatanganan tersebut dilakukan bersamaan dengan rapat pimpinan mingguan yang dilakukan secara berkala di lingkungan Pemprov Jabar.

Pelaksanaan rapim kali ini ada suasana baru karena mengambil tempat di alam terbuka yang membuat pikiran lebih segar melihat hijaunya dedaunan.

Selain itu dalam rangka momentum Hari Lingkungan Hidup, tanggal 5 Juni.

“Kami mungkin akan sering rapim di sini karena selain sejuk juga fresh, jadi lebih segar mengurangi rutinitas di kantor,” ucap Bey.

Pj Gubernur Minta Setiap OPD Lakukan Akselerasi Pembangunan 

Bey menyebutkan, ada target-target khusus yang akan diberikan kepada setiap perangkat daerah melakukan akselerasi dalam berbagai hal.

Ia memilih selama bahwa selama ini target-target OPD masih sangat normatif. Pihaknya ingin ada terobosan dan inovasi supaya Jabar menjadi lebih baik.

“Jadi targetnya kami tingkatkan, ada yang dua kali, juga di atas dari target yang ditetapkan sebelumnya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan salah satu target yaitu tentang peningkatan wisatawan mancanegara ke wilayah Jabar.

“Seperti jumlah target wisata mancanegara itu meningkat, dari yang ditetapkan normatifnya berapa jadi lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Sementara itu Sekda Jabar Herman Suryatman berharap dengan adanya penandatanganan komitmen tersebut dapat memicu para kepala perangkat daerah bekerja lebih kreatif lagi.

“Mudah-mudahan setelah ditandatangani Komitmen Shadow Target dapat melahirkan inovasi yang harus di-create,” ungkap Herman.

Ia pun meminta kepala perangkat daerah untuk berfokus pada penanganan stunting, angka pengangguran, penurunan kemiskinan, ketahanan pangan, dan inflasi di wilayah Jabar menjadi lebih baik.

“Saya berharap Bapak Ibu dapat membantu menurunkan stunting, kemiskinan, pengangguran, ketahanan pangan, dan inflasi,” pungkas Herman.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakWorld Environment Day 2024, DPRKPLH Ciamis Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Lingkungan 
Artikulli tjetërAde Ruminah Sambangi Kantor DPD PAN, Bangun Komunikasi Politik Jelang Pilkada Pangandaran 2024