Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama Wabup Ciamis Yana D Putra saat meninjau kesiapan operasional RSUD kawali. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemkab Ciamis mempersiapkan RSUD Kawali untuk penanganan pasien Covid-19.

Rencananya RSUD Kawali siap dibuka dan akan beroperasi pada Rabu (23/6) untuk penanganan pasien Covid-19.

Direktur RSUD Kawali, Yosi Garniwa mengatakan, RSUD Kawali akan menjadi  rumah sakit yang merawat pasien Covid-19.

“Sebagai antisipasi kondisi sekarang bahwa BOR (bed occupancy rate) RS Covid tinggi di Ciamis dan daerah lain tinggi,” kata Yosi saat melalui sambungan telepon Selasa, (22/6/2021).

Yosi menyatakan, meski akan dibuka, RSUD Kawali beroperasi sementara untuk penanganan pasien Covid-19.

“Akan menjadi salah satu pusat isolasi untuk merawat pasien yang sebelumnya berada di Asrama Haji Islamic Center Ciamis” ungkapnya.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya bersama Wabup Ciamis, Yana D Putra meninjau langsung untuk melihat kesiapan operasional RSUD Kawali.

Herdiat mengatakan, Pemkab Ciamis berupaya untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 dengan menyiapkan ketersediaan ruang perawatan.

Herdiat menyatakan bahwa sejumlah rumah sakit kini sudah mulai penuh karena adanya pasien dari luar daerah. Untuk kapasitas perawatan yang tadinya 20 persen menjadi 30 persen.

Herdiat mengatakan, izin operasional RSUD Kawali sudah keluar. Pemkab Ciamis akan siakan minimal 20 bed untuk perawatan pasien Covid-19.

“Fasilitas dan tenaga kesehatannya sudah ada, memang ada beberapa yang harus ditambah,” ujarnya.

Bupati Herdiat telah menginstruksikan agar memberdayakan lagi ruang isolasi setiap desa untuk pasien dengan gejala ringan.

Sehingga dapat mempercepat kesembuhan pasien Covid-19. Termasuk meminta agar puskesmas di Ciamis turut menjadi ruang isolasi dengan merawat pasien Covid-19.

“Ciamis memiliki 37 puskesmas dan puskesmas pembantu, apabila setiap puskesmas dapat merawat 3 orang isolasi maka akan sangat terbantu dalam mengatasi keterisian ruang perawatan” ungkap Herdiat.

Herdiat meminta kepada masyarakat Ciamis untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan mencegah terjadinya gelombang kedua Covid-19.

Pemkab Ciamis pun akan terus meningkatkan operasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Tetap selalu jaga dan pedomani protokol kesehatan, sayangi diri sendiri dan keluarga” ucapnya.

Artikulli paraprakGelar Aksi Damai, Badko HMI Sumbagsel Apresiasi Kinerja Kejati Sumsel
Artikulli tjetër4 Bumbu Dapur Ini Ampuh Jauhi Gejala Diabetes