Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menghadiri Pembukaan Electric Karting Race 2024 Round 1 memperebutkan Piala Menteri PUPR di Sirkuit EV Kementerian PUPR, kampus Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Kota Bandung, Sabtu (3/8/2024). Foto/Biro Adpim Jabar.

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Pembukaan Electric Karting Race tahun 2024 berlangsung pada Sabtu (3/8/2024) di Sirkuit EV PUPR, Kota Bandung.

Turut hadir Pj (Penjabat) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam pembukaan Electric Karting Race 2024 tersebut.

Bey bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Ketua IMI Bambang Soesatyo, serta pebalap nasional Fitra Eri dan Alexandra Asmasoebrata menjajal Sikuit EV PUPR dengan mengendarai E-Karting.

Bey menyampaikan begitu mengasyikkan mengendarai Electric Karting, apalagi keamanannya sangat teruji sehingga melaju dengan kecepatan tinggi pun tetap aman.

“Tadi saya mencoba dua lap, sebetulnya dari awal ingin ngegas terus, tapi kayaknya nggak boleh nyusul,” ujarnya.

Ia menuturkan, dirinya merasa tertarik juga, mengingat dari sisi karting-nya itu bukan yang tercepat.

“Tapi, merasakan cukup baik dan kalau belok-belok itu safety-nya tinggi seperti gokart,” ungkapnya.

Promosikan Pariwisata Indonesia 

Sementara itu Menteri PUPR RI Basuki berharap, pelaksanaan event ini ke depannya bisa diselenggarakan pula di provinsi lain guna promosikan wisata Indonesia.

“Saya dengan perintah beliau (Ketua IMI) supaya E-Karting ini tidak hanya di Bandung dan IKN saja, bisa di provinsi lain sehingga dapat menjadi kegiatan nasional dan menghidupkan pariwisata,” ujar Basuki.

Terkait penyediaan fasilitas, Basuki menjelaskan, pihaknya akan membangun beberapa sirkuit di provinsi lainnya dengan memanfaatkan lahan kantor PU.

Sementara itu Ketua IMI Bambang Soesatyo mengapresiasi Kementerian PUPR yang berkomitmen mencetak pebalap-pebalap andal melalui kegiatan Electric Karting Race 2024.

Menurutnya, Menteri PUPR sedang mengupayakan untuk membangun sirkuit di seluruh provinsi dengan memanfaatkan lahan PU.

“Kami dari IMI menyambut baik sekaligus mengapresiasi yang luar biasa karena upaya-upaya Kementerian PUPR bekerja sama nanti dengan IMI untuk membangun sirkuit di seluruh provinsi,” jelas Bambang.

Bambang menilai dengan kehadiran sirkuit di tiap provinsi akan menghidupkan ekonomi baru karena melahirkan tempat wisata keluarga yang memang pecinta sport tourism.

“Kesempatan ini juga akan menjadi tempat wisata keluarga, ini salah satu pilihan sport tourism yang bisa dilakukan. Mudah-mudahan ke depan ini akan menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)