Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pelantikan dan Pengukuhan sebanyak enam Ketua TP PKK Kecamatan berlangsung khidmat.

Kegiatan tersebut seiring dengan pergantian pucuk kepemimpinan di kecamatan pasca terjadi rotasi mutasi beberapa hari yang lalu.

Meliputi kecamatan Jatinagara, Cihaurbeuti, Lumbung, Kawali, Lakbok dan Cidolog.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pelantikan Ketua Forikan, Kecamatan dan Tim PAAREDi Cekas Kecamatan, dan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan, Bunda GenRe Kecamatan, Bunda Literasi Kecamatan, dan Bunda FAD.

Hadir juga Wakil Bupati Ciamis, Sekda Ciamis, Kepala OPD terkait dan beserta tamu undangan lainnya.

“Peran Ibu-ibu ini sangatlah membantu kepada Pemerintah dalam menjalankan program kerja kami dalam mensejahterakan masyarakat,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Ia menerangkan bahwa tugas dan kewajiban anggota TP-PKK dan organisasi lainnya sangatlah banyak walaupun tanpa imbalan.

“Pa Sekda beserta jajaran hal ini haruslah menjadi perhatian dikarenakan perannya sangatlah membantu kepada Pemerintah, harus diingat perannya itu bukan pemkab yang membantu tetapi sebaliknya,” kata Herdiat, pada kegiatan yang berlangsung Senin (16/1/2024) di Aula PKK Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan tersebut, Herdiat menyebutkan bahwa ketujuh organisasi tersebut akan menjadi omong kosong kalau tanpa anggaran.

“Program yang telah disusun dari seluruh organisasi ini sangatlah luar biasa bagi kemajuan masyarakat, tetapi akan menjadi omong kosong kalaulah tanpa anggaran,” ujarnya.

“Mudah-mudahan Pemkab Ciamis dapat sepenuhnya memenuhi anggaran guna menyokong program-program, karena hal tersebut sebagai upaya mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Pasca pelantikan, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Hj Kania Ernawati Herdiat menyebutkan bahwa pada pelantikan hari ini ada satu jabatan baru.

Yaitu Satgas Pola Asuh Anak Remaja Era Digital (PAAREDi) Cegah Kekerasan (Cekas) hal tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 9 Tahun 2020 tentang Road Map Jawa Barat tolak kekerasan.

“Pada pelaksanaannya di lapangan, tim PAAREDi Cekas di tingkat kecamatan serta satgas paaredi cekas di tingkat desa dan kelurahan merupakan bentuk kelembagaan yang dapat mendukung tugas Bunda Paud dan Bunda GenRe karena masalah yang dihadapi tidak jauh berbeda yaitu mengenai pola asuh bagi anak dan remaja serta perlindungan perempuan dan anak,” paparnya.

“Sementara yang dilantik untuk PAAREDi Cekas yakni seluruh Kecamatan yang berada di Kabupaten Ciamis,” katanya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSosialisasi Kejari Ciamis, Ini Pesan Bupati Herdiat
Artikulli tjetërTaruna Merah Putih Jabar Tetap Solid Menangkan PDI Perjuangan dan Ganjar – Mahfud MD pada Pemilu 2024