BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Panwascam (Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan) Banjarsari, Kabupaten Ciamis menggelar ‘Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Logistik’.

Kegiatan tersebut bertempat di Sekretariat Panwascam Banjarsari, pada Minggu (17/12/2023).

Mewakili Panwascam Banjarsari, Komisioner Panwas, Budiyana menjelaskan tujuan kegiatan tersebut guna memastikan tahapan-tahapan pendistribusian logistik berjalan lancar.

“Logistik Pemilu segera datang dari KPU ke PPK, tentu tahapan-tahapan pendistribusian logistik ini harus kita pastikan agar bisa berjalan lancar,” jelasnya.

Ia menilai, tanpa adanya pengawasan yang ketat, dan jika terhambat pendistribusian logistik, tentu pemilu tidak bisa berjalan.

“Kami berkomitmen agar pendistribusian logistik bisa lancar, pemilu damai. Tidak ada hambatan-hambatan tertentu,” ujarnya.

Ia juga membeberkan bahwa, dalam mengawasi pendistribusian logistik harus melibatkan banyak unsur.

“Kita melibatkan media, dan partisipasi masyarakat. Sehingga bersama-sama turut mensosialisasikan dan mendistribusikan, logistik ku pemilu di Kecamatan Banjarsari,” jelasnya.

Sehingga, lanjut Budiyana, keamanan logistik bisa terjamin baik itu dari bencana maupun dari kejahatan.

“Harus memastikan logistik itu aman dan lancar, sampai ke tujuan dengan tepat sasaran. Logistik itu kan dari KPU, ke PPK, PPS, KPPS. Kita harus awasi dari awal sampai ujung tombak nya di KPPS,” tegasnya.

Menurutnya, turut hadir dari berbagai elemen terkait, antara lain seperti tokoh masyarakat, media dan perwakilan dari partai politik.

“Lembaga yang berkepentingan berhak untuk mengawasi pendistribusian logistik,” ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya secara berjenjang mengawasi keamanan logistik dari Bawaslu, Panwascam, PKD hingga PTPS.

“Mengawasi secara berjenjang, kita juga melibatkan masyarakat. Dari aparat keamanan setempat juga,” tuturnya.

Budiyana berharap, Panwascam bersama PKD agar bisa pro aktif berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu.

“Harapannya terus pro aktif, intensif koordinasi dengan penyelenggara. Bagi lembaga pengawasan sendiri, saat ini belum terbentuk PTPS, namun nanti setelah terbentuk kita pastikan untuk terus pro aktif dalam hal pengawasan logistik,” tandasnya. (Ilham Hidayat/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPolisi Akan Tindak Tegas Pengendara Ugal-ugalan Saat Malam Pergantian Tahun
Artikulli tjetërSuasana Pantai Pangandaran Pasca Gempa Magnitudo 5,0