Pangdam III Siliwangi, Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo melakukan napak tilas kerajaan Galuh di Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Panglima Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo melakukan napak tilas kerajaan Galuh di Kabupaten Ciamis.

Kedatangan Pangdam III Siliwangi beserta rombongan ini disambut oleh Wakil Bupati Ciamis beserta jajaran Forkopimda.

Napak tilas ini bertempat di Situs Cagar Budaya Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing, Rabu (20/4/2022) lalu.

Selain itu, napak ini juga sebagai bagian dari rangkaian kunjungan Kerja Pangdam III Siliwangi di Kabupaten Ciamis.

Mengawali sambutannya, Wabup Ciamis, Yana D. Putra, mengucapkan selamat datang kepada Pangdam III Siliwangi beserta rombongan di Tatar Galuh Ciamis.

“Atas nama pribadi dan pemerintah kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Ciamis. Dulunya, daerah ini bernama Kabupaten Galuh,” ucap Wabup.

Yana menerangkan perubahan nama dari Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis memiliki sejarah yang panjang.

Perubahan tersebut terjadi pada tahun 1915 dan diresmikan oleh Tumenggung Sastrawinata.

“Pada tahun 1915 Tumenggung Sastrawinata secara resmi mengubah nama Kabupaten Galuh. Kini menjadi Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Forkompimda Ciamis.

Ia mengatakan maksud dan tujuan kedatanganya tersebut selain untuk bersilaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat, juga untuk napak tilas kepada para leluhur.

“Harapan dari napak tilas ini mari kita sama-sama menata kembali tata krama yang beradab. Hal itu sebagai warisan leluhur kita,” paparnya.

Kunto Arief melanjutkan, semoga penyelengaraan pemerintahan dalam hal ini TNI, bisa menjadi pendamping yang baik bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut pangdam III Siliwangi beserta seluruh jajaran dan tamu undangan melakukan nyekar atau tabur bunga di petilasan pangcalikan atau singgasana raja. (Herdri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaSah, Ciamis Menjadi Tuan Rumah Porprov 2022
Artikel berikutnyaCiamis Kota Toleran, Launching Kampung Kerukunan Berlangsung Meriah