Foto/explorepangandaran.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Cagar Alam Pananjung, Pangandaran merupakan destinasi wisata yang selalu memukau dengan pesonanya.

Terkenal akan keindahan pantainya, kehidupan nelayan, dan keberagaman biota laut yang memukau, tak lupa dengan keajaiban matahari terbenam dan terbitnya.

Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran berada di sebelah pantai, sebagaimana informasi yang dihimpun PasundanNews.com, Minggu (12/5/2024).

Taman Wisata Alam Pangandaran bersisian dengan kawasan konservasi Cagar Alam, menempati ketinggian 0-75 mdpl dengan luas wilayah mencapai 37,7 hektar.

Wilayah ini, secara administratif, terletak di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Taman Wisata Alam Pangandaran menawarkan beragam daya tarik wisata, yang tidak hanya cocok untuk keluarga.

Tetapi juga memberikan nilai edukasi bagi pengunjung, terutama anak-anak. Beberapa di antaranya meliputi:

Di pantai pasir putih timur dan barat, pengunjung dapat menemukan hamparan terumbu karang yang menjadi rumah bagi beragam biota laut.

Selain menjadi tempat yang tepat untuk berenang, snorkeling, atau menyelam, pantai ini juga cocok sebagai sarana pendidikan dan penelitian tentang biota laut.

Area hutan tanaman jati dan mahoni memungkinkan pengunjung untuk mengamati tumbuhan jati dan mahoni serta mengenalinya secara lebih dekat.

Vegetasi Pes-Caprae, formasi vegetasi khas pada pasir pantai ini didominasi oleh tumbuhan kangkung laut (Ipomoea pes-caprae), menawarkan pemandangan yang unik.

Hutan Pantai, dengan formasi Baringtonia yang dikuasai oleh tumbuhan seperti Butun (Baringtonia asiatica), Nyamplung (Callophylum inophylum), Pandan Laut (Pandanus tectorius), dan Waru Laut (Hibiscus tiliaceus).

Hutan Dataran Rendah. Area ini memungkinkan pengunjung untuk mengamati kehidupan hutan dataran rendah yang kaya akan keanekaragaman jenis tumbuhan.

Cagar Alam Menjadi Rumah Fauna yang Unik dan Membuat Penasaran 

Selain itu, Taman Wisata Alam Pangandaran juga menjadi rumah bagi berbagai jenis fauna liar, seperti Kera, Lutung, Landak, Trenggiling, Rusa, dan Kancil.

Untuk para penggemar burung, kawasan ini menawarkan kesempatan untuk melihat burung Tulumtumpuk, Kangkareng, Ayam Hutan, Tando, dan Ular Sanca.

Di samping itu, terdapat beberapa objek menarik lainnya di dalam kawasan Taman Wisata Alam ini, seperti Goa Keramat atau Gua Parat, yang konon dulunya digunakan oleh beberapa pangeran dari Mesir untuk bertapa.

Selain itu, terdapat juga Goa Alam (Karst) dan Goa Jepang yang menyimpan sejarah Perang Dunia II.

Bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam Pangandaran secara lebih intens, berkeliling pantai Pangandaran dengan perahu lokal adalah pilihan yang menarik.

Dengan demikian, Anda bisa mengeksplorasi setiap sudut keindahan alam yang memikat, termasuk melintasi dan menyelami keindahan Batu Layar.

Dengan segala daya tarik alam dan keanekaragaman hayati yang dimilikinya, Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Keindahan alam yang memesona dan beragamnya aktivitas yang ditawarkan menjadikan Pangandaran sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jawa Barat.

(Fajri SyawalPasundanNews.com)

Artikulli paraprakCitumang, Primadona Wisata Alam di Kabupaten Pangandaran
Artikulli tjetërBerkemah di Madasari Pangandaran, Healing di Alam Terbuka Pesisir Pantai