Mobil Esemka Bima. Foto/detikcom/Ragil Ajiyanto.

PASUNDANNEWS.COM – Muncul dengan logo baru pada IIMS (Indonesia International Motor Show) tahun 2023 Esemka siap tampil dengan penuh percaya diri.

Lama tidak terdengar kabarnya, Esemka akan pentas pada acara yang berlokasi di Jakarta International Expo atau JIExpo, gelaran ini sebelumnya berlangsung secara hybrid.

Yaitu paduan antara offline dan online untuk mengakomodasi situasi pandemi COVID-19 serta protokol kesehatan.

Dikutip dari kanal CNBC Indonesia, salah satu brand yang akan hadir adalah Esemka, atau PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka).

Produk dengan lini produksi berada Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang kini memiliki logo baru yang mengingatkan pada salah satu pabrikan otomotif asal China.

Selain itu, tidak kurang dari 20 Agen Pemegang Merek atau APM asal Jepang dan berbagai belahan dunia akan ikut serta dalam acara yang dipentas mendekati dua pekan.

“Teman-teman dari Esemka, perwakilan brand yang langsung menghubungi kami menyatakan ingin mengikuti, kami siapkan lahan yang proper tentunya di Hall A. Ini pertama kalinya (Esemka ikut IIMS),” jelas Rudi MF dalam press conference IIMS 2023.

Dipesan oleh Kementerian Pertahanan

Beberapa saat lalu, Esemka dipesan oleh Kementerian Pertahanan. Demikian pula sederet unitnya diminati berbagai departemen dalam pemerintahan.

Pada 2012, produk Esemka pernah digunakan Presiden Joko Widodo untuk mendongkrak popularitasnya ketika bertarung di Pilkada DKI 2012. Yaitu digunakan mengaspal dari Solo ke Jakarta.

Mobil Esemka itu dianggap sebagai bukti keberhasilannya dalam memimpin Kota Surakarta atau Solo, sebab mobil ini pertama kali rilis pada 2007, ketika Presiden masih menjadi wali kota Solo.

Sesudah Presiden menjadi Gubernur DKI Jakarta, pamor Esemka meredup.

Namun perbincangkan kembali saat ia menjadi calon presiden pada 2014.

Pernah pula disebutkan akan produksi secara massal, dan akan menjadi kendaraan dinas Presiden Joko Widodo.

Pada 2014, setelah Presiden Joko Widodo menjabat sebagai kepala negara, berdiri perusahaan Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH).

Perusahaan tersebutsebagai pengelola Esemka, yang dipimpin mantan Kepala BIN AM Hendropriyono.

Pada Januari 2016, perencanaan produksi massal Esemka semakin matang setelah ACEH mendirikan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Dijadwalkan Esemka akan memproduksi kendaraan pada 2017, yang akhirnya baru diresmikan pada 2019. Dan kini di 2023, Esemka muncul kembali sebagai partisipan IIMS 2023. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaLee Seung Gi segera Menikah dengan Lee Da In, Sebuah Hari Patah Hati
Artikel berikutnyaBisnis Hotel Kecipratan Cuan kala Ramainya Konser di RI