PDAM Tirta Galuh Ciamis bersama BPBD kolaborasi suplai air bersih kepada masyarakat. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menghadapi kekeringan akibat musim kemarau sejumlah stakeholder siapkan upaya mitigasi.

Dalam hal ini, PDAM Tirta Galuh bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Ciamis  kolaborasi membantu suplai air bersih kepada masuayat.

Sebagaimana keterangannya, Minggu (20/8/2023), Direktur PDAM Tirta Galuh, Cece Hidayat mengatakan kolaborasi ini untuk memberikan kebutuhan air bersih.

Terlebih saat musim kemarau ini masyarakat tentunya sangat membutuhkan, walaupun di luar wilayah PDAM dan bukan pelanggan.

“Misalnya, jika terjadi bencana kebakaran kita menyediakan air yang dibutuhkan oleh BPBD untuk masyarakat,” ujarnya.

Cece mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Ciamis apalagi berhubungan dengan air bersih.

“Kabupaten Ciamis ini memiliki 27 kecamatan, sedangkan PDAM wilayah saluran airnya kan terbatas, kita terus berusaha untuk membantu kebutuhan air bersih dan aman,” jelasnya.

Meski bukan pelanggan PDAM, tambah Cece, namun jika ada bencana kebakaran dan musim kemarau maka pihaknya harus siaga.

“Nah, saat ini kita akan menghadapi musim kemarau panjang, tentu ini menjadi pemikiran karena air itu tidak boleh tidak ada,” katanya.

Cece menyatakan, pihaknya pun akan selalu mengupayakan terhadap ketersediaan air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Semua lini dan elemen masyarakat juga harus memperhatikan kesediaan air baku. Dengan cara menjaga serapan air supaya musim kemarau masih menyimpan air,” terangnya.

Cece menambahkan, potensi kekurangan air bersih akibat kemarau panjang tentunya akan ada.

Sementara untuk pengadaan air bersih ketika ada daerah yang kekurangan akibat kemarau, pihaknya bersama BPBD akan melakukan koordinasi menyuplai kebutuhan air kepada masyarakta.

“Bulan Agustus ini mungkin belum ada karena kemaraunya juga baru, tetapi tidak menutup kemungkinan bulan September atau Oktober ada,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakGolkar-PAN Berikan Dukungan untuk Prabowo, Ini Kata Surya Paloh
Artikulli tjetërBRI Liga 1 2023/2024, Hasil PSIS Semarang vs Persib Bandung