Minim PJU dan Rawan Lakalantas, Besi Pembatas Jalan Raya Cipanas Butuh Pembenahan (Poto: Farhan)
CIPANAS, PASUNDANNEWS.COM – Besi pembatas Jalan Raya Cipanas depan Pasar Cipanas kerap memakan korban, sehingga rawan kecalakaan lalu lintas (Lakalantas). Sejumlah masyarakat pun mendesak, agar besi pembatas jalan tersebut diganti dan dilengkapi Penerangan Jalan Umum (PJU) demi keselamatan pengendara.
Ketua BPD Sindalanglaya Kecamatan Cipanas Abdul Azis Hamdan menjelaskan besi pembatas Jalan Raya Cipanas ini mempersempit jarak pandang pengendara, dan di malam hari gelap gulita karena tidak di lengkapi lampu PJU. Sehingga pihaknya mengharapkan Pemkab Cianjur bisa membenahinya.
“Bagusnya itu seperti di jalur By Pass Cianjur ataupun jalur Abdulah Bin Nuh, pembatas Jalan Raya Cipanas dengan menggunakan aneka jenis tanaman yang tidak tinggi dengan dilengkapi lampu PJU. Selain indah tentu tidak akan membahayakan para pengendara lalu lintas,” ujarnya.
Diakuinya, beberapa waktu lalu saat dirinya tengah melintasi jalur Cipanas tepat di depannya ada seorang nenek pengemis terserempet bus ukuran besar ke besi pembatas. Lantaran tidak bisa bernafas dan trauma, nenek tersebut tidak sadarkan diri.
“Saya kaget depan mata saya sendiri nenek pengemis, terserempet bus di besi pembatas jalan Raya Cipanas. Hingga nenek tersebut meninggal dunia, jelas ini harus jadi perhatian serius pemerintah Cianjur,” paparnya.
Sementara itu Kepala Desa Cipanas Agus Syahputra menjelaskan besi pembatas jalan Raya Cipanas itu perbatasan Desa Cipanas dan Desa Sindanglaya, dan berada di jalur nasional. Berdasarkan informasi masyarakat kerap terjadi kecelakaan di kawasan besi pembatas jalan tersebut, sehingga pihaknya sangat mengharapkan ada pembenahan dari pemerintah.
“Kami dari pihak desa bingung jika memperbaiki dan mengganti besi pembatas jalan serta melengkapinya dengan dana desa ataupun swadaya takut keliru. Akan tetapi kerap ada kecelakaan serta keluhan masyarakat, sehingga kami sangat berharap pemerintah Kabupaten Cianjur segera membenahinya,” terangnya.
Adapun Tokoh Masyarakat Kecamatan Cipanas Dede Ikhsan menambahkan pihaknya sudah berupaya untuk melakukan penataan pembatas besi di Jalan Raya Cipanas secara swadaya seperti dengan di cat menggunakan warna yang cerah, hingga dilengkapi sejumlah pot agar lebih indah.
“Tetapi memang betul dibutuhkan penataan serius pemerintah pembatas jalan tersebut, seperti dilengkapi dengan menggunakan lampu PJU, karena malam hari gelap dan kerap terjadi kecelakaan lalu lintas,” tutur pria yang juga menjadi Koordinator K5 Cipanas.
Pihaknya sangat mengaharapkan adanya peran aktif Pemkab Cianjur, dalam menata besi pembatas jalan raya Cipanas. Tentunya ini demi keselamatan, kenyamanan, dan keindahan Kota Cipanas. (fhn)
Artikulli paraprakJokowi Buka Rakornas KAHMI dan Umumkan Pendirian Universitas Insan Cita Indonesia
Artikulli tjetërInovasi, Siswa SMKN 1 Pacet Belajar Daring Sambil Bantu Para Petani