Foto/Visitciamis.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Berada di tepi utara Ciamis, tersembunyi di balik hijaunya hutan adat Gunung Gandul, terletaklah sebuah permata tersembunyi bernama Desa Wisata Sagalaherang.

Dengan jarak hanya 33 kilometer dari pusat kota, desa ini menawarkan pesona alam yang memesona dan kekayaan budaya yang memikat.

Mengacu laman visitciamis, Selasa (14/5/2024), Desa Wisata Sagalaherang memang diberkahi dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Salah satu daya tarik utamanya adalah Bukit Datar Gandul, yang menjadi venue paralayang yang terkenal.

Di sini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan spektakuler dari ketinggian sambil merasakan sensasi menyenangkan dari penerbangan tandem paralayang.

Namun, keindahan alam Sagalaherang tidak hanya terbatas pada bukit dan langit.

Kawasan konservasi hutan adat Gunung Gandul memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan kedamaian alam dan keberagaman hayati yang mempesona.

Selain itu, Sawah Pakuwon menawarkan pemandangan yang menenangkan serta pengalaman yang mendalam tentang kehidupan pedesaan.

Keajaiban Budaya di Desa Wisata Sagalaherang 

Desa Wisata Sagalaherang juga kaya akan warisan budaya yang memukau. Wisatawan dapat mengunjungi Ziyarah Gunung Gandul untuk merasakan spiritualitas dan keagungan alam sekitarnya.

Di samping itu, acara-acara seni dan budaya seperti Hajat Bumi dan pertunjukan Kesenian Tayub memberikan pengalaman yang unik tentang kehidupan dan tradisi masyarakat lokal.

Jelajahi juga keajaiban spiritual di sejumlah keramat yang tersebar di desa ini, seperti Keramat Lebuh Api, Keramat Wergunangga, dan banyak lagi.

Setiap keramat memiliki cerita dan kepercayaan yang menarik untuk dipelajari, memperkaya pengalaman wisatawan tentang kekayaan budaya Sagalaherang.

Untuk merasakan kehidupan desa yang sejati, wisatawan dapat menginap di berbagai homestay yang tersedia di Desa Wisata Sagalaherang.

Mulai dari Aula Bukit Datar Gandul hingga rumah-rumah warga, setiap penginapan menawarkan keramahan dan kenyamanan yang membuat pengalaman menginap menjadi lebih berkesan.

Melihat Kreativitas Lokal dan Menikmati Kuliner Khas Sagalaherang 

Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner khas Sagalaherang, terutama olahan kopi yang lezat dari Panawangan Coffee.

Di sini, wisatawan dapat menikmati berbagai macam minuman kopi yang disajikan dengan cinta oleh seorang barista berpengalaman, serta membawa pulang souvenir kopi bubuk berkualitas.

Tidak hanya alam dan budaya, Desa Wisata Sagalaherang juga memiliki kekayaan dalam kriya lokal.

Mulai dari seni ukir gagang golok hingga kerajinan pandai besi, setiap karya dari tangan-tangan terampil penduduk desa ini mencerminkan keindahan dan keberagaman budaya Sagalaherang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Desa Wisata Sagalaherang, jangan ragu untuk mengunjungi media sosial mereka di Facebook dan Youtube, atau menghubungi mereka melalui email di [email protected].

Jadikanlah perjalanan Anda ke Sagalaherang sebagai pengalaman yang tak terlupakan dalam menjelajahi keindahan alam dan kearifan lokal yang mempesona.

(Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMengungkap Pesona Desa Wisata Rajadesa Ciamis, Antara Keindahan Alam dan Kearifan Lokal
Artikulli tjetërMengungkap Keelokan Desa Wisata Ciakar, Surga Tersembunyi di Tengah Gunung Sawal