Menjelang Hari HUT RI ke-78 tahun, Taman Baca Masyarakat (TBM) Jasindo Banjarsari, Kabupaten Ciamis gelar Minggu Belajar Ceria. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang Hari HUT RI ke-78 tahun, Taman Baca Masyarakat (TBM) Jasindo Banjarsari, Kabupaten Ciamis gelar Minggu Belajar Ceria.

Hal tersebut sebagai bentuk edukasi kepada para pelajar dan pengunjung TBM Jasindo yang bertempat di Dusun Wanayasa RT 11 RW 03, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Pengelola sekaligus pegiat TBM Jasindo, Ilham Maulana Malik Fajar mengatakan, edukasi ini berlatar belakang untuk menggali potensi anak.

“Untuk memperingati HUT RI tahun 2023, TBM Jasindo akan mengadakan kegiatan Minggu Belajar Ceria,” ucap Ilham kepada PasundanNews.com, Minggu (6/8/2023).

Kegiatan tersebut, sambungnya, dilaksanakan bertempat di TBM Jasindo.

“Memang biasanya hari Minggu itu jadwal aktifitas di TBM Jasindo, dinamai (Minggu Belajar Ceria). Nah untuk sekarang sekaligus memperingati HUT RI ke-78,” katanya.

Upaya Menggali Potensi Anak

Ilham menjelaskan mengenai pola belajar anak-anak bahwa TBM memiliki kurikulum per semester yang jabarkan melalui silabus tertentu.

“Kurikulum itu seperti adanya bimbingan belajar bahasa inggris, agama, muatan lokal yang lebih ke karya seni. Kita juga mempunyai silabus semesteran,” katanya.

Guna pengembangan dan penyelarasan program dalam hal literasi, pihaknya selama ini melakukan kolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis.

“Kita kolaborasi dan kerja sama juga dengan Diperpuska Jabar dan Kabupaten. Seperti program silang layang buku. Sejauh ini komunikasi dan bimbingannya cukup intens,” paparnya.

Dengan adanya sinergitas bersama beberapa elemen yang berkaitan dengan dunia literasi, pihaknya berharap literasi Kabupaten Ciamis semakin meningkat.

“Harapannya agar bisa lebih menghargai perjuangan para pahlawan serta meneladani semangat belajar baik itu akademis hingga agama,” tandas Ilham.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakFranck Kessie Hijrah ke Al-Ahli, Gagal Bergabung dengan Liverpool
Artikulli tjetërAnies Baswedan bersama AHY Tunjukan Kemesraan di Hadapan Masyarakat Kota Bandung