Foto/visitciamis.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Desa Wisata Cisontrol, yang terletak di Kecamatan Rancah Ciamis, merupakan destinasi yang menggoda bagi para pencari pengalaman wisata yang menyatu dengan alam dan budaya lokal.

Dengan jarak sekitar 31 kilometer dari pusat kota, desa ini menawarkan kemegahan alam yang terpelihara dengan baik, dikelilingi oleh aliran sungai yang menyejukkan dan pesawahan yang hijau.

Desa Wisata Cisontrol menawarkan beragam daya tarik wisata, mulai dari keindahan alam hingga pesona wisata buatan, mengacu laporan visitciamis, Selasa (14/5/2024).

Taman Rekreasi dan Edukasi (Takesi) menjadi salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil memperoleh pengetahuan tentang lingkungan sekitar.

Sementara itu, Kolam Renang Tirta Mandala memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati kesegaran air.

Seni dan Budaya Lokal yang Memikat

Tak hanya alamnya yang menakjubkan, Desa Wisata Cisontrol juga kaya akan seni dan budaya lokal yang memikat.

Pengunjung dapat merasakan keindahan alunan musik tradisional seperti Calung, Degung, dan Marawis yang menggema di sepanjang desa.

Pertunjukan Lengser dan Mamayang juga menjadi pengalaman budaya yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang ingin merasakan kearifan lokal.

Bagi yang ingin menikmati pengalaman yang lebih dekat dengan kehidupan lokal, Desa Wisata Cisontrol menyediakan homestay yang ramah lingkungan.

Penginapan ini adalah rumah-rumah tradisional yang berbaur dengan lingkungan sekitar.

Suasananya memungkinkan pengunjung merasakan keramahan masyarakat setempat sambil menikmati keindahan alam.

Kuliner Khas dan Cafe yang Menawan

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Desa Wisata Cisontrol tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Saroja Mini (Sarmini), Keripik Singkong, Wajit, hingga Sorabi adalah beberapa hidangan yang wajib dicoba di sini.

Pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati kopi lokal di Cafe Takesi atau Cafe Musikopi yang menawarkan suasana yang menyenangkan.

Desa Wisata Cisontrol bukan hanya tentang wisata semata, tetapi juga tentang pengembangan ekonomi kreatif lokal.

Produk fashion lokal yang dihasilkan oleh pengusaha lokal adalah contoh nyata dari kerjasama dalam meningkatkan pariwisata.

Selain itu, seni kriya lokal seperti kerajinan bedog (golok) dan sarung golok (maranggi) juga menjadi bukti keberagaman seni dan keterampilan lokal yang patut diapresiasi.

Untuk informasi tentang Desa Wisata Cisontrol, kunjungi akun Instagram @wisatadestinasidesacisontrol atau bisa hubungi email di [email protected] atau via WhatsApp di 085316377447.

Desa Wisata Cisontrol menawarkan lebih dari sekadar liburan biasa. Ini adalah perjalanan yang memperkaya jiwa dengan keindahan alam, kearifan budaya, dan kehangatan keramahan lokal.

Jadi, jadikanlah Desa Wisata Cisontrol sebagai destinasi berikutnya dalam daftar perjalanan Anda untuk merasakan pesona alam dan budaya Indonesia yang sesungguhnya.

(Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakEksplorasi Keindahan Desa Wisata Jalatrang, Destinasi Wisata yang Menarik di Ciamis
Artikulli tjetërYuk! Ajak Kluarga Nikmati Wisata Edukasi di Kampung Nila Ciamis