Ilustrasi Pilkada CIamis 2024. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Semakin hari geliat Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Ciamis semakin dinamis. Berbagai opsi pasangan calon Bupati mulai mengemuka.

Kendati demikian sebagian pengamat menilai, aroma Pilkada di Ciamis bak PILWAKADA (Pemilihan Wakil Kepala Daerah).

Diskusi dari ruang ke ruang dan obrolan ‘warungkopi’ lebih banyak mendiskusikan pasangan Herdiat ketimbang siapa calon bupati untuk menjadi kompetitor Herdiat.

Bukan karena alasan, memang sebagai Bupati Ciamis 2019-2024 nama Herdiat Sunarya memang paling mengemuka.

Ini juga yang membuat pasangannya pada Periode 2019-2024, Yana D Putera lebih memilih tetap membersamai Herdiat, ketimbang berhadapan.

Beberapa figur selain Yana juga muncul digulirkan dan  ditawarkan ke publik, untuk ditakar menjadi pasangan Herdiat Sunarya.

Wakil Ketua DPD Demokrat Jawa Barat Sopwan Ismail tidak menyangkal jika perbincangan menakar calon wakil bupati lebih kencang ketimbang menakar siapa rival Herdiat di Pilkada Ciamis 2024.

Gerakan HY Jilid Dua, Yana Disebut Akan Kembali Dampingi Herdiat

Sopwan menyebut, dari kalangan politisi nama Yana D Putera disebut-sebut akan kembali mendampinginya dengan gerakan HY Jilid Dua.

“Selain Yana memiliki popularitas yang di atas rata-rata, juga elektabilitas yang cukup, partainya memiliki modal tujuh kursi,” kata Sopwan.

Namun kata Sopwan, Yana dibayangi Nanang Permana yang saat ini menjabat Ketua DPRD periode 2019-2024. Ketua PDIP Ciamis ini yang juga menginisiasi digagasnya bakal koalisi 5 Parpol.

“Pemilik tag line ‘Segera’ ini sosok politisi senior yang sulit mencari tandingannya di Ciamis,” kata Sopwan.

Nama Taufik dan Budi Kurnia Mengemuka, Dampingi Herdiat Sebagai Wakil Bupati ?

Selanjutnya, dari kalangan birokrat yang pernah Herdiat Sunarya lontarkan saat ditanya sosok yang mungkin mendampinginya di Pilkada 2024. Nama Taufik Gumelar muncul.

Namanya sering disebut dan paling mentereng diantara nama Kepala Dinas adalah kader langsung juga orang kepercayaan Herdiat Sunarya.

Putra mantan sekda Ciamis yang disebut sebut sebagai mentornya Herdiat Sunarya, adalah pengikat dan penguat peluang Taufik untuk menjadi calon wakil bupati.

Selain dikenal cerdas, Taufik juga menjadi kunci untuk diraihnya anugerah tertinggi Ciamis sebagai Kota Adipura Kencana.

Tapi menilik dari sejarah dan rekam jejak, salah satu orang kepercayaan Herdiat Sunarya di jajaran kepala dinas ada nama yang pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Ciamis, dikenal sebagai budayawan juga pegiat pariwisata daerah, yakni Budi Kurnia.

Budi Kurnia, birokrat yang menjadi senior kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan mantan ketua KNPI Ciamis ini memiliki jejaring sampai tingkat grass root.

“Budi, menurut saya pemilik modal politik dan modal sosial yang kuat, cocok untuk mendampingi Herdiat Sunarya di Pilkada 2024 yang akan datang,” ujar Sopwan.

Dinamisasi Politik di Pilkada Ciamis 2024 

Sementara politisi gaek Ciamis Ganjar M Yusuf, mengkritisi dinamisasi politik di musim pilkada tahun ini.

Ganjar menilai terlalu banyak menunggu, dan tidak ada sang pemberani.

Bahkan dia meminta elemen untuk berani memunculkan nama calon bupati rival Herdiat Sunarya.

Koalisi partai politik di Ciamis kata dia hingga saat ini juga seolah menemui jalan buntu. Belum ada secara tegas resmi mendeklarasikan koalisi.

Ia menyebut, jangankan calon, koalisi saja belum ada yang jelas. Melawan Herdiat Sunarya pun penuh dengan  ketakutan. Semua masih berbicara kemungkinan dan ragu-ragu.

“Harus ada dinamisasi, harus ada pembelajaran politik kepada publik, harus banyak pilihan yang ditawarkan, jangan dulu membuat frame tidak akan ada lawan, itu justru pemikiran yang kerdil. Jangan dulu berfikir kalah menang, gass saja dulu,” tandas Ganjar M Yusuf. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemprov Jabar Perkuat Jaringan Pembiayaan Perubahan Iklim di Forum Internasional
Artikulli tjetërBelasan Peserta Pingsan Saat Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Kota Banjar