Salah satu peserta upacara yang mengalami pingsan. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Belasan orang peserta upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kota Banjar, mengalami pingsan, pada Jumat pagi (20/05/2024).

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Banjar, Kurniawan menyatakan, para peserta yang pingsan kebanyakan belum sempat sarapan dan terlalu lama berdiri dari pukul 06.30 WIB hingga upacara dimulai pukul 07.30 WIB.

“Sebagian besar peserta belum sarapan dan berdiri terlalu lama, sehingga menyebabkan mereka pingsan,” ungkap Kurniawan.

Pelaksanaan upacara awalnya berjalan lancar, namun kondisi fisik beberapa peserta tidak dapat bertahan lama di bawah sinar matahari pagi.

Meskipun sudah diantisipasi dengan adanya petugas kesehatan, jumlah peserta yang pingsan cukup banyak sehingga memerlukan penanganan cepat.

Kurniawan juga menambahkan bahwa salah satu peserta yang mengalami pingsan bahkan harus dirujuk ke Puskesmas Purwaharja 1 karena mengalami tremor dan kondisinya sangat lemah.

“Satu peserta dirujuk ke Puskesmas Purwaharja 1 karena mengalami tremor dan kondisinya sangat lemah,” jelas Kurniawan.

Upacara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pelajar, pegawai negeri, hingga perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Namun, insiden pingsan yang menimpa peserta tersebut membuat pihak penyelenggara lebih waspada terhadap kondisi fisik para peserta di masa mendatang.

Para petugas kesehatan memberikan pertolongan pertama kepada peserta yang pingsan dengan memberikan air minum dan makanan ringan untuk mengembalikan kondisi mereka.

Selain itu, peserta yang masih lemah langsung dibawa ke tempat teduh untuk beristirahat.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Kota Banjar ini menjadi pelajaran penting bagi semua pihak untuk lebih mempersiapkan kondisi fisik sebelum mengikuti upacara panjang.

Terutama memastikan peserta sudah sarapan dan mendapat asupan gizi yang cukup sebelum kegiatan dimulai.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMenerka Pasangan Calon Herdiat Sunarya, Aroma Pilkada di Ciamis Bak PILWAKADA
Artikulli tjetërGelar Dialog Publik, Mohamad Ijudin Gagas Formulasi Strategis Berantas Pinjol dan Judol di Ciamis