Foto/Dokpri.Hendry

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis menggelar diskusi bersama Kapolres Ciamis, membahas tentang maraknya aksi kejahatan ditengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang membuat resah masyarakat.

Diskusi yang bertema “Menjawab Perspektif Masyarakat; Wabah Bangsat”
tersebut dilaksanakan secara online melalui media sosial live streaming instagram.

“Akhir-akhir ini aksi kriminalitas tampak marak di tengah pandemi virus Corona, dan tak jarang pelaku kejahatan pencurian misalnya, ketika tertangkap warga langsung dikeroyok ramai-ramai, bahkan sampai meregang nyawa” ujar Ketua Umum HMI Ciamis, Hernawan, di Sekretariatnya, Senin (11/5/2020).

Hernawan mengatakan, maraknya aksi kejahatan membuat masyarakat semakin resah. Keresahan tersebut berimbas pada sikap spontan masyarakat untuk menghakimi para pelaku kejahatan.

“Wabah Bangsat’ ini sangat menarik antusias masyarakat. Tidak ada yang salah, dan tidak ada yang mesti di salahkan, namun alahkan lebih baiknya ketika didapati pelaku kejahatan kita serahkan saja kepada pihak kepolisian untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya secara hukum” kata Hernawan.

Dengan diadakannya dialog live streaming ini, HMI berharap bisa menjadi suatu pencerahan bagi masyarakat khusnya Kabupaten Ciamis atas keresahan maraknya pencurian.

Sementara itu, Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, S.IK. dalam dialog tersebut menjawab langsung beberapa pertanyaan dari peserta diskusi, salahsatunya terkait kasus kejahatan dengan modus pencurian di wilayah Ciamis.

“Untuk bulan April kemarin kasus kejahatan dengan modus pencurian hanya 15 kasus. Dan kami dari jajaran Polres terus menekan angka kejahatan ini dengan langkah-langkah preventif yang kami lakukan” terangnya.

Kapolres juga menjelaskan terkait narapidana asimilasi Covid-19 yang dibebaskan di lapas Ciamis.

“Jumlahnya keseluruhan 39 narapidana dan yang melakukan kejahatan kembali hanya 1 orang dari total narapidana yang dibebaskan” terangnya.

Terakhir, Kapolres mengimbau kepada seluruh masyarakat Ciamis untuk selalu waspada, dan apabila ada kecurigaan untuk segera melapor baik secara langsung ke Polsek terdekat atau secara online melalui aplikasi Posini.

“Kami mengajak kepada seluruh warga untuk tetap waspada, apabila ada kejadian atau ada yang mencurigakan silahkan melapor, kami terbuka 24 jam. Bisa secara langsung datang ke polsek terdekat atau melalui aplikasi Posini, dan kami langsung respon” terang Kapolres.

“Terakhir sekali, kami mengucapkan banyak terimaksih kepada HMI Ciamis atas inisiatifnya menggelar diskusi ini, semoga bermanfaat untuk kita semua” pungkasnya. (Hen/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakHMI Minta Pemkot Tasikmalaya Terbuka Soal Realisasi Anggaran Covid-19
Artikulli tjetërBAGIKAN MASKER KEPADA MASYARAKAT, PSI JABAR SERIUS PERANGI COVID-19