Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya melakukan peninjauan langsung ke lokasi bencana longsor di Kecamatan Cihaurbeuti. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Longsor atau bencana alam yang terjadi di Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis berdampak parah terhadap tiga wilayah.

Yaitu, Dusun Cikijang Girang, Dusun Sukamaju dan Dusun Cikijang Hilir.

Menanggapi hal ini, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan peninjauan langsung ke lokasi kejadian, Senin (12/9/2022).

Hingga saat ini dari ketiga dusun tersebut dengan jumlah 114 KK dan terdiri dari 324 Jiwa, sudah 30 KK dengan jumlah 133 jiwa, diungsikan ketempat yang lebih aman.

Adapun korban jiwa dalam tragedi ini menewaskan dua warga yang ditemukan dalam kondisi tertimbun tanah longsor.

Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Selalu Waspada

Pada pelaksanaan peninjauan Bupati Ciamis, ia memberikan arahan kepada kepala OPD terkait, dan para tokoh masyarakat guna mengantisipasi adanya bencana susulan.

Pada kesempatan tersebut, Herdiat menghimbau kepada masyarakat agar terus waspada terhadap bencana.

“Saya harap bapa ibu semuanya tetap waspada, ditakutkan adanya bencana susulan yang tak terduga,” ucapnya.

Kemudian Herdiat mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan, BPBD, Dinsos, dan Kepala OPD Terkait lainnya agar tetap siaga dengan adanya bencana tersebut.

Selain itu, terpantau di lapangan beberapa alat berat sudah di turunkan guna membuka akses jalan yang tertimbun material longsor.

“Kepada Bapa Ibu semuanya, Untuk 1-4 Hari ke depan agar tetap standby di lokasi ini, guna mengantisipasi apabila mana adanya bencana susulan, dan menyelesaikan akses-akses jalan yang terhambat,” tuturnya.

Sehingga ketika adanya bencana susulan, lanjut Herdiat, akses jalan tidak terhambat dalam melaksanakan evakuasi.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMangkuk Ayam Jago Menjadi Ikon Google Doodle, Ini Penjelasannya
Artikulli tjetërDiego Costa Bakal Bermain Bareng Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia U-19