Peserta lomba inovasi daerah saat presentasi materi lomba di Aula Bappeda Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Ciamis menggelar lomba inovasi daerah tahun 2024.

Kepala Bappeda Ciamis, David Firdha mengatakan, lomba inovasi ini sebagai upaya melahirkan inovator baru untuk pembangunan Kabupaten Ciamis yang berkelanjutan.

Hal tersebut sesuai dengan Perbub (Peraturan Bupati) Ciamis Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Inovasi Daerah Kabupaten Ciamis.

“Sesuai dengan amanat pada Perbup tersebut, tujuannya untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintahan dan peningkatan pelayan publik, untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya, Rabu (24/4/2024).

David menyebutkan, tahapan lomba inovasi daerah tahun ini sudah berlangsung sejak bulan Januari dan ditargetkan selesai pada bulan Juni 2024.

“Semuanya ada sebanyak 48 peserta. Terdiri dari 34 orang ASN perwakilan dari setiap SKPD, dan 14 orang dari masyarakat. Sekarang sedang proses presentasi dari setiap peserta,” kata David.

Keseluruhan peserta tersebut, lanjut David, sebelumnya telah mengikuti tahap proses seleksi administrasi, seperti penyeleksian proposal terlebih dahulu.

“Saat ini sudah lolos sebanyak 20 orang, ASN 14 orang dan Non-ASN 6 orang. Mereka lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti proses presentasi,” paparnya.

Mengenai tahapan persentasi ini, tutur David, telah dilaksanakan sejak Senin 22 April dan selesai pada Kamis 25 April 2024.

“Kemarin hari Senin berturut-turut sampai dengan hari Rabu ini, untuk ASN. Dan hari Kamis ini terakhir presentasi dari peserta masyarakat,” ungkapnya.

David melanjutkan, setelah proses tahapan presentasi selesai, tim penilai nantinya akan berembug menentukan siapa yang lolos ke tahap berikutnya dan masuk seleksi proses validasi.

“Nantinya akan ada kunjungan ke lapangan oleh tim penilai. Ada 5 orang tim penilai dari unsur masyarakat, akademisi dan juga lembaga pemerintahan,” terangnya.

David menambahkan, proses validasi ke lapangan, rencananya akan dilakukan pada awal bulan Mei. Lalu pada akhir bulan Mei diharapkan sudah ada juara lomba.

“Para juara atau pemenang, rencananya akan diumumkan pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSemangat Baru dari Sekda Baru untuk Kafilah Ciamis di MTQ Tingkat Jawa Barat 
Artikulli tjetërIID Tahun 2023, Kabupaten Ciamis Masuk Kategori Daerah Inovatif