KPU Kabupaten Ciamis melantik sebanyak 795 anggota PPS di Auditorium Universitas Galuh Ciamis, Minggu (26/5/2024). Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – KPU Ciamis menjadi satu-satunya KPU di Jawa Barat yang rekapitulasi perhitungan suara di Pemilu 2024 tidak mengalami masalah.

Hal tersebut disampaikan Hery Prabawa yang mewakili KPU Jawa Barat saat menghadiri pelantikan PPS (Panitia Pemungutan Suara) di Auditorium Universitas Galuh Ciamis, Minggu (26/5/2024).

Hery mengungkapkan, capaian prestasi tersebut sebagai bukti bahwa pelaksanaan Pemilu 2204 di Ciamis baik Pilpres maupun Pileg terlaksana dengan sangat baik.

“Ini menandakan pelaksanaan Pemilu semua tingkatan dari Pileg dan Pilpres 2024 lalu berhasil berkat kerja keras seluruh pelaksana pemilu di semua tingkatan di Ciamis,” ujarnya.

Hery juga menyebut bahwa penyelenggara pemilu dari semua tingkat di Ciamis baik KPPS, PPS dan PPK telah melaksanakan tugas dengan selalu mengedepankan kerja sama tim.

Sehingga pada pelaksanaan rekapitulasi hitung suara baik Pilpres maupun Pileg berjalan dengan lancar dan sukses  tanpa mengalami masalah.

“Rekapitulasi perhitungan suara untuk Ciamis clear dan clean, tidak mengalami masalah di tingkat Jawa Barat. Harus tetap dijaga dalam pelaksanaan Pilkada nanti,” katanya.

Tugas Penting Anggota PPS Pasca Dilantik 

KPU Ciamis telah melantik sebanyak 795 anggota PPS yang akan bertugas di 258 desa dan 7 kelurahan yang tersebar di 27 kecamatan.

Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani mengatakan, setelahnya dilantik, para anggota PPS akan melaksanakan tugas yaitu pemutahiran data pemilih dan pemetaan TPS.

Masa kerja anggota PPS ini kata Oong, yakni selama delapan bulan, sejak tanggal 26 Mei 2024 hingga 27 Januari 2025.

“Sebelum melaksanakan tugas tersebut dan tugas-tugas lainnya, para anggota PPS akan mengikuti bimtek terlebih dahulu,” kata Oong.

Oong menekankan kepada seluruh anggota PPS agar bisa melaksanakan tugas dengan integritas tinggi dan penuh tanggungjawab.

Fakta integritas harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh anggota PPS dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu.

“Kepada semua anggota PPS yang dilantik hari ini untuk dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab, jujur, amanah dan adil,” tegasnya.

Ia juga berpesan agar para anggota PPS bisa memahami semua regulasi atau peraturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu.

“Semua regulasi atau peraturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu harus dipahami dan laksanakan. Sama-sama mari kita sukseskan Pilkada serentak 2024” tandasnya.

Acara pelantikan dihadiri Sekda Ciamis, Andang Firman, Unsur Forkopimda, Komisioner KPU dan Bawaslu Ciamis serta perwakilan PPK se Kabupaten Ciamis.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprak279 Anggota PPS di Pangandaran Dilantik, KPU Tegaskan Proses Rekrutmen Sudah Sesuai Aturan 
Artikulli tjetërPasar Leuweung Bekasi Dongkrak Laju UMKM dan Potensi Pariwisata