Kopi Sufi Panjalu Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Di tengah keindahan alam Kabupaten Ciamis, tepatnya di Jl. Raya Simpar, Panjalu, terdapat destinasi ngopi yang istimewa, Kopi Sufi Panjalu.

Mengutip akun Instagram @kopisufi.co, Selasa (21/5/2024), berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari Situ Lengkong, tempat ini bukan sekadar tempat ngopi biasa, tapi juga tempat untuk merenung dan berpikir kritis.

Nama “Sufi” yang melekat pada tempat ini bukanlah tanpa makna. Kata “Sufi” berasal dari “suf”, yang dalam konteks tasawuf, merujuk pada seseorang yang mendalami ilmu tasawuf.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa “sufi” berasal dari kata “Shafa” yang berarti kemurnian.

Dengan demikian, Kopi Sufi Panjalu menjadi tempat ngopi yang dihiasi dengan makna mendalam dari tasawuf, bukan hanya tempat untuk bersantai, tetapi juga untuk memikirkan hal-hal yang lebih dalam.

Interior yang nyaman dengan berbagai macam kursi yang disediakan memungkinkan pengunjung memilih tempat mana yang paling nyaman untuk mengobrol.

Tersedia juga area indoor dan outdoor, termasuk area bermain dengan ayunan dan jungkat-jungkit.

Dimanjakan dengan Pemandangan Alam yang Indah 

Area outdoor Kopi Sufi Panjalu menawarkan pemandangan yang memesona, terutama di siang hari dengan rawa luas yang dipenuhi rumput hijau.

Malam hari, meskipun rawa menjadi gelap, tetapi suasana hangat dan romantis dihiasi dengan lampu-lampu yang menambah kehangatan.

Tidak hanya tempatnya yang istimewa, Kopi Sufi Panjalu juga menyajikan beragam minuman dan makanan.

Mulai dari kopi dengan berbagai varian hingga minuman berbasis powder dan tea. Ada juga makanan ringan seperti kentang goreng, sosis goreng, hingga hidangan berat seperti sop kaki sapi dan paket ayam goreng.

Tidak hanya menyediakan minuman dan makanan, Kopi Sufi Panjalu juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti tempat cuci tangan, toilet, mushola, dan tempat parkir yang nyaman.

Menariknya, pemilik Kopi Sufi Panjalu memiliki rencana untuk membangun taman baca masyarakat di tanah belakang kafe.

Hal ini menunjukkan bahwa tempat ini tidak hanya menjadi tempat untuk bersantai, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dengan memberikan akses untuk belajar dan berkembang.

Dengan kombinasi antara suasana Islami yang mendalam, keindahan alam, beragam menu, dan misi sosial yang mulia.

Kopi Sufi Panjalu menjadi destinasi ngopi yang tidak boleh dilewatkan bagi siapa pun yang mengunjungi Kabupaten Ciamis.

(Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakJabar Mendapat Penghargaan Opini WTP 13 Kali Berturut-turut dari BPK RI
Artikulli tjetërKebocoran Limbah Mie Gacoan di Taman Kota Banjar Segera Ditangani