Koordinator Unit Satuan Pelayanan Pengelolaan Jalan dan Jembatan (SPPJJ) wilayah III (Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, dan Pangandaran) Yayat Ruhiat, saat melakukan peninjauan terhadap keretakan pada dinding atau sayap jembatan Viaduct Pintusinga, yang berlokasi di Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (22/1/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Koordinator Unit Satuan Pelayanan Pengelolaan Jalan dan Jembatan (SPPJJ) wilayah III (Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, dan Pangandaran) Yayat Ruhiat, melakukan peninjauan terhadap keretakan pada dinding atau sayap jembatan Viaduct Pintusinga, yang berlokasi di Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

Keretakan yang ditemukan oleh Yayat Ruhiat bukan hanya terbatas pada satu titik, melainkan tersebar di empat titik sayap jembatan.

Menanggapi temuan tersebut, Yayat Ruhiat berencana untuk segera melakukan penambalan menggunakan semen dalam pekan ini.

“Kami akan secepatnya memperbaiki keretakan-keretakan kecil di dinding atau sayap jembatan Viaduct ini dengan cara ditambal memakai semen,” ujar Yayat.

Dalam konteks keamanan dan keselamatan, kondisi keretakan yang ditemukan pada jembatan Viaduct Pintusinga menjadi perhatian serius.

Menurut Yayat, jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan masalah ini dapat menjadi lebih parah.

“Kami berharap perbaikan ini dapat dilakukan dengan cepat untuk menghindari potensi risiko yang lebih serius di masa depan,” imbuh Yayat.

Dalam harapannya untuk penanganan yang cepat dan efektif, Yayat Ruhiat berkoordinasi dengan pihak Dishub Kota Banjar, Dinas PUPR, Polres Banjar, Kodim 0613 Ciamis, serta melibatkan aparatur kecamatan Banjar, Lurah Banjar, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas kelurahan Banjar. Ini merupakan upaya kolaboratif untuk memastikan perbaikan jembatan dilakukan dengan optimal dan sesuai dengan standar keamanan.

“Peninjauan ini menggarisbawahi pentingnya kerjasama lintas sektor dalam menjaga infrastruktur jalan dan jembatan agar tetap aman dan berfungsi dengan baik untuk masyarakat,” pungkasnya.(Hermanto/PasundanNews.com)