KPU Ciamis meningkat Kontes Stand Up Comedy dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2024. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kontes Stand Up Comedy digelar sebagai cara unik KPU Kabupaten Ciamis ajak partisipasi pemilih pemula di Pilkada 2024.

Acara tersebut berlangsung di Aula KPU Ciamis, pada Jumat (25/10/2024).

Menurut Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani menjelaskan bahwa tahapan kontes ini dimulai sejak 23 Oktober dan diikuti oleh 17 peserta.

“Para peserta diminta untuk mengunggah video hasil karya mereka di media sosial dan juga mengirimkan tautan ke KPU Ciamis,” katanya.

Ia melanjutkan, dari jumlah tersebut, tim juri melakukan penyaringan dan memilih 10 peserta yang lolos untuk melanjutkan ke tahapan grand final.

“Dalam acara puncak ini, tiga peserta dengan penampilan terbaik akan diumumkan sebagai pemenang,” ujarnya.

Kontes stand up comedy ini merupakan inovasi KPU Ciamis, sebagai bagian dari program KPU Jawa Barat yang mengusung slogan ‘Gemilang’ (Gembira, Memilih, Langsung).

Oong menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang riang gembira dalam rangka menuju Pilkada pada 27 November mendatang.

Oong menambahkan, bahwa Pilkada adalah momen demokrasi yang seharusnya dirayakan dengan suka cita.

Ia mengajak untuk menciptakan pesta demokrasi yang gembira dengan membawa seluruh keluarga dan mengajak masyarakat untuk datang TPS.

“Kegiatan ini dapat menjadi sarana edukasi sekaligus hiburan yang menarik, sehingga memotivasi generasi muda untuk berpartisipasi dalam proses pemilihan,” paparnya.

Lebih lanjut, KPU Ciamis akan berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Terutama bagi pemilih pemula, demi terwujudnya pemilu yang lebih demokratis dan berkualitas,” tuturnya.

(Herdi/PasundanNews.com)