BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis melalui Dinas PRKPLH terus melakukan upaya untuk menjaga kualitas air sungai di Kabupaten Ciamis tetap bersih dan bebas dari sampah.

Pada momentum Hari Sungai Sedunia tahun 2022 Dinas PRKPLH melakukan kolaborasi dan sinergitas bersama Komunitas Pecinta Sungai (KPS).

Hal itu dilakukan untuk memastikan bersama kualitas sungai di wilayah Kabupaten Ciamis tetap terjaga.

“Pada momentum ini kita ingin secara bersama memastikan bahwa sungai di wilayah Ciamis tetap terjaga kualitasnya,” kata Sekretaris DPRKPLH Ciamis, Giyatno dalam silaturahmi bersama komunitas pencinta sungai pada Selasa (11/10/2022).

Giyatno mengatakan, tujuan kegiatan tersebut agar dapat bersama-sama menjaga kualitas sungai dari tercemarnya berbagai jenis sampah.

“Sehingga sungainya nanti menjadi bersih, dan jika hujan tidak banjir karena banyak sampah. Kualitas air sungai pun terjaga,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DPRKPLH Ciamis, Rini Valianti mengatakan, kegiatan ini dalam rangka Hari Sungai Sedunia.

“Meskipun baru dilaksanakan hari ini, namun tidak mengurangi nilai esensi dari semangat momentum hari sungai ini,” katanya.

Rini mengungkapkan, Pemkab Ciamis melalui DPRKPLH selalu melakukan uji kualitas air sungai setiap tahunnya secara rutin.

Hal itu dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran sungai dan meningkatkan kualitas air sungai.

Meski sungai masih memenuhi batas yang dipersyaratkan, imbuh Rini, akan tetapi tidak membuat terlena karena belum tercemar.

“Justru kami semangat untuk menjaga dan memelihara lebih baik lagi, meski sungainya masih memenuhi batas yang disyaratkan,” tuturnya.

Rini menambahkan, dalam rangka menjada kebersihan dan kualitas sungai pihaknya terus menjalin sinergitas bersama masyarakat dalam hal ini komunitas pencinta sungai.

“Ya, tentu kami terus menjalin sinergitas baik dengan komunitas dan stakeholder terkait lainnya. Ke depan bisa ada kegiatan dengan agenda secara rutin.

Rini menyebutkan terdapat 20 komunitas yang terlibat dalam setiap kegiatan pada momen seperti ini dan ada juga beberapa komunitas lainnya yang belum tersentuh.

“Nantinya, Dinas PRKPLH akan memfasilitasi kegiatan tersebut, supaya berbagai kegiatan bisa nyambung dengan setiap komunitas,” kata Rini. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCabor Sepakbola Porprov Jabar XIV 2022, Ciamis vs Sumedang Berakhir Imbang 2-2
Artikulli tjetërKick Off GNPIP se Priangan Timur Canangkan Stabilitas Pangan