Koalisi Madani (Milenial Dukung Kang Danial) saat mengambil formulir penjaringan bakal calon walikota Banjar 2024-2029 di kantor DPC Demokrat Banjar dan kantor DPD PAN Banjar. Foto/Istimewa

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Koalisi Madani (Milenial Dukung Kang Danial) semakin memperkokoh tekad Dani Danial Mukhlis untuk berkontestasi di Pilkada kota Banjar tahun 2024.

Berkaitan dengan ini, menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Kota Banjar Periode 2024-2029 semakin menghangat.

Salah satunya, bakal calon walikota Banjar, Dani Danial Mukhlis yang akrab disapa Kang Danial turut mendapat dukungan dari berbagai kalangan.

Salah satunya Koalisi Madani, dukungan tersebut bukan hanya berupa semangat dan retorika belaka. Namun juga langkah konkret untuk menggalang dukungan politik bagi Kang Danial.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan perwakilan Koalisi Madani, Hari, kepada PasundanNews.com, Rabu (24/4/2024).

Hari didampingi temannya, Seva, secara resmi mendatangi kantor Partai Demokrat dan PAN Kota Banjar pada Rabu 24 April 2024 siang.

“Kedatangan kami tidak hanya sekadar untuk bersilaturahmi, melainkan untuk mengambil formulir penjaringan calon kepala daerah di kedua partai tersebut,” katanya.

Kesungguhan Koalisi MADANI Dukung Kang Danial Maju di Pilwakot Banjar 

Langkah ini menunjukkan kesungguhan Koalisi Madani dalam mendukung Kang Danial untuk bersaing dalam penjaringan calon Walikota Banjar 2024-2029 di kedua partai itu.

“Kami dari generasi milenial Kota Banjar mendukung penuh Kang Danial, karena beliau sosok pemimpin yang punya kapasitas yang sangat baik dan bisa masuk ke semua kalangan masyarakat. Beliau juga humble,” ujar Hari.

Menariknya, Koalisi Madani tidak hanya terpaku pada dua partai politik tersebut.

Mereka juga menyatakan kesiapan untuk mengambil formulir penjaringan dari partai lain yang membuka peluang serupa.

Senda dengan itu, Seva menyatakan bahwa tindakan yang dilakukan menjadi bukti nyata bahwa Kang Danial memiliki dukungan yang kuat dari berbagai kalangan politik di Kota Banjar.

“Saya dan teman-teman milenial Kota Banjar siap berjuang untuk Kang Danial. Beliau adalah sosok yang dapat memahami aspirasi generasi milenial di Kota Banjar,” kata Seva.

Lebih dari sekadar dukungan politik, Koalisi Madani menegaskan bahwa hanya Kang Danial yang memiliki  komitmen untuk membangun Kota Banjar dengan memadukan landasan Teokrasi, Demokrasi, dan Biokrasi.

“Integrasi ketiga hal ini menjadi visi pembangunan Kang Danial untuk Kota Banjar,” lanjut Seva.

Tagline Tri Tangtu Menjadi Visi Besar Kang Danial 

Secara terpisah, Kang Danial menyampaikan bahwa visi dirinya maju di Pilwalkot Banjar membawa tagline Tri Tangtu.

“Tri Tangtu berasal dari filosofi sunda berarti tiga ketentuan yang harus berjalan selaras, yakni antara individu dengan Tuhan, sesama manusia, dan lingkungan hidup,” jelasnya.

Ia melanjutkan, konsep Tri Tangtu menggambarkan visi dan komitmen Kang Danial untuk membangun Kota Banjar sebagai Kota Madani, Maju, dan Berkelanjutan yang dicapai melalui landasan teokrasi, demokrasi, dan biokrasi.

“Pertama, Teokrasi. Kami berusaha menjadikan nilai-nilai keagamaan sebagai sumber inspirasi dalam setiap kebijakan yang akan diambil,” terangnya.

Kedua, lanjut Kang Danial, Demokrasi. Partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan sangatlah penting.

“Oleh karena itu, demokrasi bukan hanya tentang pemilihan umum, namun juga tentang partisipasi dan kontrol publik dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan pemerintah,” jelasnya.

Ketiga, Birokrasi. Menurut Kang Danial, poin ini mencakup konsep pembangunan yang berkelanjutan, yang memperhatikan ekosistem kehidupan dan keberlanjutan lingkungan.

“Birokrasi mengacu pada gagasan untuk memastikan bahwa setiap kebijakan dan tindakan pembangunan memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan,” ungkapnya.

Diketahui, dukungan Koalisi Madani tidak hanya memperkuat posisi Kang Danial dalam arena politik Kota Banjar.

Namun juga memberikan dorongan kuat dalam perwujudan visi dan misi Kang Danial untuk membangun Kota Banjar yang Madani, Maju, dan Berkelanjutan.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSatu Rumah Warga Ambruk di Cimaragas, BPBD Ciamis Lakukan Drop Logistik
Artikulli tjetërSemangat Baru dari Sekda Baru untuk Kafilah Ciamis di MTQ Tingkat Jawa Barat