Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pariwisata Dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Laonching inovasi Vicimag dan Visitciamis.com. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Dinas Pariwisata melaunching Vicimag dan Visitciamis.com.

Inovasi yang dikembangkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dan Dispar Ciamis ini dilaunching Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Sabtu ( 27/11/21) di Situs Jambansari Ciamis.

Vicimag merupakan sebuah majalah yang BPPD Ciamis terbitkan untuk mempromosikan potensi wisata. Vicimag tersedia secara digital dan cetak secara eksklusif.

Sementara, visitciamis.com merupakan website yang memuat informasi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Ciamis.

Pada website itu tersedia berbagai informasi mengenai wisata, event dan produk-produk ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, Wasdi Ijudin mengatakan, inovasi yang pihaknya gagas ini sebagai upaya dalam mengembangkan promosi wisata dan juga ekonomi kreatif.

“Ini merupakan motivasi bagi kami agar bisa lebih baik lagi membangun destinasi wisata di Ciamis .” Katanya.

Ia berhatap, dengan adanya majalah Vicimag dan website visitciamis.com ini dapat mampu menarik wisatawan lebih luas lagi.

“Vicimag sebagai pengenalan potensi wisata dibantu ekspansinya dengan visitciamis.com. berharap bisa menjaring wisatawan nasional bahkan mancanegara,” ucapnya.

Sektor Pariwisata Mampu Tingkatkan PAD

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dalam sambutannya mengapresiasi atas launchingnya inovasi Dinas Pariwisata dan BPPD Ciamis.

Yana menyatakan, Inovasi tersebut merupakan respon cepat dan baik dalam mengangkat potensi destinasi wisata serta sektor ekonomi kreatif.

“Kami (Pemkab Ciamis) selaku pemangku kebijakan dan kepentingan sangat mendukung penuh inovasi ini,” ucapnya.

Menurutnya, berbicara pariwisata tidak hanya membuat tempat wisata saja. Namu juga bisa mendatangkan keuntungan baik PAD maupun masyarakatnya.

“Sehingga kita harus selalu menjaga dan menghidupkan segala potensi dari wisata itu sendiri,” jelasnya.

Yana mengatakan, inovasi Vicimag dan VisitCiamis.com ini menjadi tantangan bagi pengelola objek wisata.

Karena dengan launchingnya inovasi tersebut akan mengundang wisatawan yang datang ke Kabupaten Ciamis.

Sehingga, Pemkab termasuk masyarakat harus mampu menjaga, melestarikan serta mengembangkan potensi yang ada.

Ia juga mengingatkan terkait inovasi tersebut jangan sampai potensi yang dipromosikan tidak sesuai dan tidak sebagus yang ada di tampilan.

“Jangan sampai kemasan inovasinya sudah bagus, sudah mudah akses, namun potensi yang ada tidak sesuai dan tidak sebagus yang ada pada tampilannya,” ujarnya.

Yana pun berharap dengan inovasi tersebut dapat mengangkat PAD Ciamis. Selain itu juga bisa menggeliatkan potensi wisata termasuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Semoga inovasi ini bisa sesuai dengan apa yang kita semua harapkan” pungkasnya.

Artikulli paraprakWagub Uu dan Ketua Kadin Hadiri Pembukaan UMKM Bangkit
Artikulli tjetërMahasiswa Unigal Ciamis Bentuk Pokdarwis Tingkat Desa di Mangkubumi Sadananya