Dani Danial Muchlis (Kang Danial) dikukuhkan menjadi Ketua Paguyuban Seni Pencak Silat Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Dani Danial Muchlis (Kang Danial) dikukuhkan sebagai Ketua Paguyuban Seni Pencak Silat Kota Banjar Jawa Barat.

Acara pengukuhan diiringi penampilan Seni Ibing Pencak Silat yang berlangsung di Wisata Siti Mustika Kota Banjar pada Minggu (9/6/2024).

Acara yang bertajuk ‘Jawara Paseuk Nagara’ ini turut menampilkan seni pencak silat dari sejumlah perguruan silat.

Diantaranya, perguruan Brawijaya Kusuma Putra, Brawijaya Kusuma Pusat, Anggrek Putih Putra, Anggrek Putih Pusat, Sangga Buana, Gilang Kencana, Linggar Jati Putra Marag, dan Karya Bakti.

Kang Danial menggantikan ketua sebelumnya, Dian Sardiana yang mengundurkan diri pada Maret 2024 lalu.

“Saya sangat menghargai kepercayaan yang diberikan untuk memimpin paguyuban ini. Kami akan terus menjaga dan melestarikan seni budaya leluhur sunda ini,” ujarnya.

Kang Danial mengungkapkan, selain sebagai ajang silaturahmi, acara ini juga mempromosikan pelestarian budaya Sunda khusunya pecak silat.

“Jawara Paseuk Nagara berarti jawara yang bertanggung jawab. Kami ingin para pendekar tidak hanya kuat secara fisik tetapi juga bijaksana dan bertanggung jawab terhadap masyarakat,” jelasnya.

Penampilan dari perguruan silat tersebut memukau para hadirin. Setiap perguruan menampilkan gaya keunikan yang menjadi ciri khas mereka.

“Ini adalah momen yang sangat berarti bagi kami semua. Seni pencak silat bukan hanya tentang teknik bertarung, tetapi juga tentang nilai-nilai kehidupan,” katanya.

Kang Danial menegaskan komitmennya untuk membawa paguyuban ini agar lebih maju dan berkembang.

Acara ini menjadi momentum penting bagi para penggiat seni pencak silat di Kota Banjar untuk berkumpul dan berbagi ilmu.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk saling belajar dan bertukar pengalaman.

“Kami akan terus mengadakan kegiatan yang dapat mempererat tali persaudaraan dan mempromosikan seni pencak silat ke seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.

Wana Wisata Situ Mustika Kota Banjar Sangat Cocok untuk Berbagai Kegiatan 

Kang Danial mengungkapkan, Wana Wisata Situ Mustika Kota Banjar sangat cocok dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan, termasuk pertunjukan pencak silat.

Menurutnya, Wana Wisata Situ Mustika sangat ideal untuk memperkenalkan seni pencak silat kepada masyarakat luas.

“Keindahan alamnya juga sangat mendukung untuk pertunjukan yang memadukan seni dan alam,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua sebelumya, Dian Sardiana menyatakan dukungannya terhadap kepemimpinan Kang Danial.

“Kang Danil akan membawa paguyuban ini menuju arah yang lebih baik. Saya mundur bukan berarti berhenti, tetapi karena banyaknya kesibukan,” ujar Dian.

Acara diakhiri dengan makan nasi timbel bersama atau yang dikenal dengan istilah botram, sebagai simbol bentuk kekompakan dan kebersamaan.

Kehadiran para tokoh dan pecinta seni pencak silat dari berbagai kalangan turut memeriahkan acara ini.

“Kami berharap acara seperti ini sering diadakan untuk terus memperkenalkan seni budaya Sunda kepada generasi muda,” ungkap salah satu tokoh masyarakat, Sabana.

Turut hadir Danramil 1313 Banjar, Danramil Banjar, Mayor Inf Dedi Suherdi, Kapolsek Purwaharja, AKP Ahmad Iskandar.

Sekdispora Kota Banjar, Aa Ruhimat, Kabid Kebudayaan, H. Tato, Kasi Trantib kecamatan Purwaharja, Agus, serta tamu undangan lainnya.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPetugas Gabungan Razia Tempat Hiburan Malam di Pangandaran
Artikulli tjetërRuliYanto, Sang Peniup Terompet Pencak yang Ingin Lestarikan Seni Tradisional