Asep Hendra Sugiharto tengah menyiram kebun pepaya California miliknya di dusun Pananjung, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Selain menjadi seorang Kepala Desa, Asep Hendra Sugiharto, juga menjadi seorang petani pepaya California.

Saat ini, ia menggarap kebun pepaya di tanah seluas 400 bata di dusun Pananjung, RT 22 RW 05, Desa Sinartanjung, Kota Banjar.

Kebun pepaya California milik Asep kini tengah menjadi sorotan, karena berhasil panen setiap seminggu sekali dari 800 pohon pepaya.

Tanah yang subur di dusun Pananjung memberikan kontribusi besar terhadap keberhasilan Asep Hendra dalam bercocok tanam pepaya California.

Hasil panen yang melimpah membuatnya menjadi salah satu petani yang konsisten dalam menyuplai buah segar.

“Bertani pepaya California bukan sekadar aktivitas pertanian biasa, melainkan juga merupakan langkah strategis untuk meningkatkan ekonomi,” ujar Asep yang juga Kepala Desa Sinartanjung ini kepada pasundannews.com, Jumat (15/12/2023).

Kontribusi Terhadap Perekonomian di Desa 

Dengan panen rutin, ia dapat menjual hasilnya kepada tengkulak atau bandar, sehingga dari hasil tersebut dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal.

Keberhasilan Asep Hendra menarik perhatian masyarakat sekitar, yang kini semakin tertarik untuk terlibat dalam pertanian pepaya California.

Dengan demikian, aktivitas pertanian di dusun Pananjung menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di tingkat desa.

Pilihan Asep dalam bertani pepaya California juga diharapkan dapat memperkenalkan jenis tanaman baru dan teknik pertanian yang lebih modern kepada masyarakat.

Sehingga, hal itu juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani setempat.

“Selain aspek ekonomi, bertani pepaya California juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Tanaman ini dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan memberikan manfaat ekologis yang positif,” imbuhnya.

Melalui kesuksesannya, Asep menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terlibat dalam pertanian modern.

Semangatnya dalam mengelola kebun pepaya California menjadi contoh bagi mereka yang ingin mencari peluang di sektor pertanian.

Pertanian pepaya California di dusun Pananjung juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan potensi lokal untuk pengembangan ekonomi.

Asep Hendra membuktikan bahwa dengan keputusan bijak, pertanian dapat menjadi motor penggerak pembangunan di daerah terpencil.

Dengan menjadi Pelopor Pertanian Pepaya California, semoga memberikan inspirasi dan harapan baru bagi pengembangan pertanian di tingkat desa. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBawaslu Kota Banjar Ungkap Hasil Penelusuran dan Kajian Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN
Artikulli tjetërHadapi Industri 5.0, SMA Informatika Ciamis Gelar PAKK