Taman Baca Masyarakat (TBM) Jasindo Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto/Ilham Hidayat.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Taman Baca Masyarakat (TBM) Jasindo Banjarsari, Kabupaten Ciamis rencanakan Nonton Film Bareng.

Hal tersebut sebagai bentuk edukasi kepada para pelajar dan pengunjung di TBM Jasindo yang bertempat di Dusun Wanayasa RT 11 RW 03, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Pengelola sekaligus pegiat TBM Jasindo, Ilham Maulana Malik Fajar mengatakan, edukasi ini untuk memaknai peran perjuangan santri dalam menuntut ilmu, kemuliaan akhlaq dan mempertahankan NKRI di momen Hari Santri Nasional.

“Untuk memperingati Hari Santri Nasional 2022, TBM Jasindo akan mengadakan kegiatan nobar film-film yang bergenre pendidikan Islami yang bersangkutan dengan santri,” ucap Ilham kepada PasundanNews.com, saat diwawancarai, Jum’at (21/10/2022).

Kegiatan nobar film tersebut, sambungnya, akan dilaksanakan pada Minggu (22/10/2022), di TBM Jasindo.

“Memang biasanya hari Minggu itu jadwal aktifitas di TBM Jasindo, dinamai (Minggu Belajar Ceria). Nah mau ngadain nobar film yang berkaitan dengan santri untuk menularkan semangat dan edukasi kepada anak-anak, serta pengunjung TBM yang lain,” paparnya.

Targetkan Pembuatan Buku Karya Anak-anak

Lebih lanjut, Ilham menjelaskan mengenai pola belajar anak-anak bimbingan TBM Jasindo, bahwa di TBM memiliki kurikulum per semester yang dijabarkan melalui silabus tertentu.

“Kurikulum itu seperti adanya bimbingan belajar bahasa inggris, agama, muatan lokal yang lebih ke karya seni. Kita juga mempunyai silabus semesteran,” katanya.

Sementara itu, untuk semester sekarang, TBM Jasindo memiliki target membuat buku karya anak-anak.

“Di karya itu, ada beberapa karya anak-anak yang jago puisi, pantun, nulis lagu kita kembangin nulis buku bareng-bareng,” ujarnya.

Kolaborasi Bersama Diperpuska Ciamis

Guna pengembangan dan penyelarasan program dalam hal literasi, kata Ilham, pihaknya selama ini melakukan kolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis.

“Kita kolaborasi dan kerja sama juga dengan Diperpuska Jabar dan Kabupaten. Seperti program silang layang buku. Alhamdulillah sejauh ini komunikasi dan bimbingan dari Diperpuska Ciamis cukup intens,” paparnya.

Kemudian, ujar Ilham, dengan adanya sinergitas bersama beberapa elemen yang berkaitan dengan dunia literasi, pihaknya berharap semoga tingkat literasi di Kabupaten Ciamis semakin meningkat.

Di samping itu, sebagai sikap dalam memaknai HSN 2022 ini, Ilham berharap literasi keagamaan dan perjuangan yang bisa diteladani dari santri, bisa diambil hikmah untuk para pegiat dan pengunjung TBM Jasindo.

“Harapan dalam memperingati HSN di TBM Jasindo ini, pengunjung umumnya, lalu anak-anak khususnya, lebih menghargai perjuangan santri, dan meneladani semangat belajar baik itu akademis, agama. Kita juga bisa mengambil hikmah dari santri terdahulu dalam mempertahankan NKRI, dengan hari santri juga anak-anak diharapkan bisa menjaga akhlaknya,” pungkas Ilham.(Hilman Hidayat/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDana Sebanyak Rp 4,5 miliar Untuk Warga yang Tak Dapat Bansos di Ciamis
Artikulli tjetërUKM Pangan Award 2022, Abon Sapi Rajawali Ciamis Raih Penghargaan