Kegiatan inovasi Budaya Daerah sekaligus launching buku 'Tatar Galuh Ciamis Kota Seribu Situs' yang berlangsung di Situs Karangkamulyan Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Gelaran acara Inovasi Budaya Daerah berlangsung meriah.

Dalam acara tersebut sekaligus adanya launching buku ‘Tatar Galuh Ciamis Kota Seribu Situs’.

Turut membuka acara Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra di pelataran Situs Ciung Wanara Karang Kamulyan Ciamis, pada Senin (19/12/2022) lalu.

Turut hadir Sekda Kabupaten Ciamis H. Tatang, jajaran Unsur Forkopimda, seluruh Camat se-Kabupaten Ciamis, para tokoh Budayawan, para seniman dan tamu undangan lainnya.

“Alhamdulillah kita sudah mempunyai sebuah buku yaitu dan kita sebagai masyarakat Tatar Galuh patut bersyukur karena telah banyak anugerahi budaya-budaya dan situs atas peninggalan para leluhur,” terangnya.

Ia juga mengharapkan pada semua lapisan masyarakat untuk terus melindungi, melihara bahkan mengembangkan warisan leluhur Galuh.

Yana menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Ciamis terhadap warisan budaya dan generasi penerusnya untuk selalu melestarikan warisan budaya leluhur.

Banyak kesenian tradisional, kata Yana, baik kesenian-kesenian tradisional maupun kesenian kontemporer.

“Menurut saya, budaya adalah sebuah peradaban di jamannya sehingga tidak ada salahnya adanya budaya kontemporer,” ujarnya.

Inovasi Budaya Tradisional dan Teknologi

Menurut Yana, sebuah inovasi dengan penggabungan antara kesenian budaya tradisional dengan mengikuti era teknologi.

Karen era globalisasi ini merupakan suatu keharusan dan keniscayaan yang setiap orang harus mampu beradaptasi.

“Seperti hal nya dengan tampilan video animasi yang mempertontonkan alur cerita leluhur Kerajaan Galuh. Sehingga para generasi anak saat ini lebih tertarik dan menjadi semakin mudah kita pahami,” imbuhnya.

Yana berharap dalam mengembangkan budaya leluhur ini menjadi daya tarik dan dapat menghidupkan masyarakatnya sendiri.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada seluruh para penggiat budaya di Kabupaten Ciamis, Insya Allah ke depan akan kami upayakan agar bagaimana para penggiat kebudayaan ini mendapat apresiasi yang lebih,” ucapnya.

Menarik Para Wisatawan

Terakhir, dengan buku ini Yana mengharapkan akan mampu mendatangkan para wisatawan dari luar daerah sehingga lebih tertarik lagi berkunjung ke Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Kadisbudpora Ciamis Erwan Darmawan menyampaikan latar belakan tersusunnya buku inovasi budaya daerah dan launching buku Tatar Galuh Ciamis kota seribu situs.

Berawal dari terinspirasi bahwa tanah Kabupaten Ciamis setiap jengkalnya adalah situs dan data jumlah situs yang sudah tercatat adalah sebanyak 1.218 situs.

Di sisi lain, Erwan juga meyakini dari jumlah tersebut masih ada yang belum semuanya terungkap.

Terakhir, Erwan menginformasikan sebagai inovasi strategi pengenalan sejarah Tatar Galuh Kabupaten Ciamis, pihaknya memanfaatkan kecanggihan teknologi.

“Seperti dengan membuat film animasi 2 dan 3 Dimensi serta Game Tatar Galuh Ciamis yang diproduksi oleh SMKN 1 Kawali Ciamis.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakJelang Natal dan Tahun Baru, Dishub Ciamis Akan Terjunkan 100 Personel untuk Pengamanan
Artikulli tjetërSosialisasi Pembentukan PPS Pemilu 2024, Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Sukseskan Demokrasi Berkualitas