Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna melepas mahasiswa KKN Universitas Galuh Ciamis di Halaman Pendopo Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 496 mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis laksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tahun Akademik 2023-2024.

Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna melepas ratusan peserta KKN periode 1 tersebut, berlangsung di Halaman Pendopo Ciamis, Kamis (30/5/2024).

KKN Unigal Ciamis kali ini mengusung tema ‘Peningkatan Kapasitas Mahasiswa melalui Pemanfaatan Lingkungan dan Budaya’.

Para mahasiswa dapat memberikan ide dan gagasan yang dapat melahirkan inovasi guna pembangunan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di daerah.

“Hadirnya para mahasiswa Unigal di tengah masyarakat dapat memecahkan persoalan yang ada,” ujar Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna.

Engkus berharap, mahasiswa dapat mengindentifikasi sekaligus memecahkan masalah yang ada di masyarakat dengan pendekatan kolaborasi Pentahelix.

“Tujuannya untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi bahan masukan bagi kita untuk perbaikan di masa yang akan datang,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga berpesan kepada para mahasiswa agar lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Melalui KKN ini akan terbentuk perubahan perilaku mahasiswa sebagai pelaku perubahan (agent of changes) dalam proses perubahan masyarakat sehingga menjadi lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Unigal Ciamis, Dr. Agus Yunawan Isyanto mengatakan, kegiatan KKN ini akan dilakanakan di 22 Desa.

“Pelaksanaan di 22 Desa yang terletak di dua Kecamatan dan mulai dilaksanakan pada tanggal 30 Mei sampai 20 Juni 2024,” kata Agus.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTak Terlena dengan Hasil Survei, Nana Suryana Tetap Fokus Tingkatkan Kinerja 
Artikulli tjetërRakor KONI Ciamis, Canangkan Event Olahraga Jelang Porprov XV 2026