Foto/Istimewa

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM – Logo HUT RI ke-77 sudah dibagikan pemerintah sejak 25 Mei 2022.

Tema dan logo HUT RI ke-77 beserta 7 filosofinya itu bisa kamu unduh (download) di laman Sekretaris Negara RI, Senin (1/8/2022).

Logo dalam berbagai format beserta elemen grafis, font, dan foto-foto itu tersedia dalam file google drive.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan RI dalam file pdf yang terdiri dari 191 halaman dengan kapasitas 16,3 Mb. Silakan kamu unduh (download) di setneg.go.id.

Ini linknya: https://www.setneg.go.id/view/index/peringatan_hari_ulang_tahun_ke_77_kemerdekaan_republik_indonesia_tahun_2022

Dikutip dari Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan RI oleh Kementerian Setneg, tema besar hut RI ke-77 ialah ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Tema itu tercermin dalam logo HUT RI ke-77 beserta tujuh filosofinya.

Filosofi logo HUT RI ke-77

1. Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Pergerakan)

Bentuk angka 77 pada logo HUT RI ke-77 menyerupai 2 panah ke atas. Logo itu melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk ‘pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat’.

2. Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan)

Dalam logo 77 HUT RI 2022, terdapat bentuk dua garis mendatar yang membentuk tangga dan mengarah ke atas. Hal itu dimaksudkan sebagai representasi progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan)

Bagian ini terdapat pada angka 77 pada sudut atas sebelah kanan. Ini melambangkan keterbukaan Bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak bebas aktif dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Juang dan Garuda Pancasila)

Bagian ini terdapat pada tiap angka 7 dalam logo peringatan HUT ke-77 RI. Hal ini terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila sekaligus melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua Garis Melengkung (Sinergi dan Harapan)

Bagian ini melambangkan gotong royong yang menjadi karakter bangsa Indonesia. Adanya dua garis melengkung pada logo HUT ke-77 RI tersebut melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royoung dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah yaitu Indonesia maju.

6. Sudut Penghubung (Penghubung antarbangsa)

Melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet Angka 1 (Persatuan Indonesia)

Terdapat di tengah angka 77. Bagian ini melambangkan masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda. Siluet angka 1 berarti semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Dalam logo resmi 17 Agustus 2022 yang berbentuk angka 77, juga tertulis tema besar Kemerdekaan RI ke-77 yang berada di samping kanan angka 77. Logo resmi 17 Agustus 2022 dan tema HUT Kemerdekaan ke-77 RI secara visual tergabung menjadi slogan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaIni Resiko Download WhatsApp GB
Artikel berikutnyaBill Russel, Pemain Tersukses NBA Meninggal Dunia