Tim BPBD bersama TNI/Polri dan relawan saat evakuasi pohon tumbang di wilayah desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Banjar dan sekitarnya menyebabkan pohon besar tumbang di dusun Purwodadi RW 03, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024). Insiden ini terjadi sekitar pukul 13.30 WIB dan menyebabkan akses jalan terhambat karena pohon tumbang menutupi jalan.

“Pohon jenis Trembesi ini tumbang karena hujan deras dan angin kencang,” ujar tokoh masyarakat setempat, Hendri Purnomo kepada pasundannews.com.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepolisian/TNI, Jaringan Radio Amatir Indonesia (ORARI), dan Tim Penanggulangan Bencana (Tagana) segera melakukan evakuasi untuk membuka akses jalan yang terhambat oleh pohon tumbang. Upaya koordinasi lintas sektor ini dilakukan dengan sigap guna mengatasi dampak dari insiden tersebut.

Hendri Purnomo, sebagai tokoh masyarakat, menekankan pentingnya kerjasama dalam penanganan bencana alam.

“Kami bersyukur tim evakuasi dari BPBD, Polri/TNI, Jaber, ORARI, dan Tagana sigap bertindak untuk membersihkan pohon tumbang ini dan mengembalikan kelancaran akses jalan,” katanya.

Dalam upaya penanganan kejadian ini, BPBD bersama tim evakuasi tidak hanya fokus pada pemulihan akses jalan, tetapi juga melakukan penilaian risiko terhadap area sekitar untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Insiden ini menjadi pengingat akan perlunya kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana alam, sehingga dapat diantisipasi dengan lebih baik.(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakRelawan Pak Boy Gelar Aksi Massal, Serukan Dukungan untuk Iwan Bule di Kota Banjar
Artikulli tjetërMusda PPDI 2024, Ini Pesan Bupati Ciamis Optimalkan Pelayanan ke Masyarakat