Petugas dari Damkar Kecamatan Kawali saat menangkap ular di Dusun Cikananga RT 05/03, Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Ciamis, Minggu (7/2/2021). Foto/Dokpri Hendry. PasundanNews.com.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Warga Dusun Cikananga, Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis Jawa Barat digegerkan dengan penemuan seekor ular sanca batik sepanjang 6 meter, Minggu (7/2/2021).

Ular tersebut ditemukan warga saat hendak memangsa ayam di kandang belakang rumah.

Suryana, pemilik kandang ayam yang juga ketua RW setempat mengatakan, ular tersebut ditemukan saat dirinya pulang ronda malam.

Saat berjalan dekat kandang, terdengar ayam miliknya terus bersuara. Ia pun langsung melihatnya ke kandang tersebut

Saat masuk ke kandang, sontak ia melihat seekor ular berukuran besar dan panjang yang hendak memangsa ayam miliknya.

“Pas masuk kandang ternyata ada ular berukuran besar, terus saya coba tangkap pakai alat yang ada, namun ularnya naik ke atap kandang,” katanya.

Karena kesulitan saat menangkap, Surya pun akhirnya melaporkan kejadian tersebut kepada tim Pemadam Kebakaran Kecamatan Kawali.

“Ularnya melilit di tiang atap kandang dan sulit ditangkapnya. Kemudian saya melapor ke Damkar untuk mendapat bantuan,” ungkapnya.

Tak berselang lama, petugas Damkar pun tiba di lokasi dan langsung mengevakuasi ular tersebut. Binatang melata itu pun berhasil diamankan.

Kasi Damkar Kecamatan Kawali, Een Hendar mengungkapkan, pihaknya saat ini banyak menerima laporan dari warga untuk mengevakuasi ular dan sarang tawon.

“Memang saat ini kebanyakan kami sering mendapat laporan dan panggilan dari warga untuk mengevakuasi binatang termasuk salah satunya ular,” ungkapnya.

Een mengimbau kepada warga masyarakat ketika menemukan ular atau binatang lain ke pemukiman untuk langsung melapor ke Damkar.

“Jangan asal tangkap sendiri apalagi langsung dibunuh. Karena bisa saja ular itu dapat perlindungan khusus dari pemerintah. Alangkah baiknya melapor saja kepada kami,” tuturnya.

Artikulli paraprakTempat Pemakaman Umum Karet Biawak Banjir Akibat Hujan Lebat di Jakarta
Artikulli tjetër45 Pengurus HIMA PUI Jabar Resmi Dilantik di Sukabumi