Ketua DPD Golkar Ciamis, H. Trian Slamet Triana (kiri) dan Sekretaris Baim Setiawan (kanan) saat membacakan hasil survei di gedung DPD Golkar Ciamis. Foto/Hendri.PasundddanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Hasil survei Pilkada Serentak 2024 Kabupaten Ciamis mencatat popularitas Herdiat Sunarya masih tertinggi.

Survei tersebut dilakukan oleh internal DPD Golkar Ciamis melalui lembaga Poltracking Indonesia pada tanggal 1 sampai 7 Mei 2024.

Diketahui, Herdiat Sunarya menempati urutan pertama dengan nilai rata-rata di atas 80 persen baik popularitas maupun aksebilitasnya sebagai Calon Bupati Ciamis.

Dalam segi popularitas, Herdiat Sunarya mencapai 86.4 persen untuk survei sebagai calon Bupati Ciamis yang paling dikenal oleh publik.

Kemudian disusul Yana Diana Putra 61.4 persen, dan Iing Syam Arifin 61.2 persen.

Sementara segi aksebilitas Herdiat mengantongi 78.1 persen menjadi yang teratas dibandingkan calon lainnya, diikuti Yana Diana Putra 51.2 persen, dan Iing Syam Arifin 48.8 persen.

Baca Juga : Menerka Pasangan Herdiat Sunarya, Aroma Pilkada di Ciamis Bak PILWADA 

Mengacu Hasil Survei, Golkar Pastikan Rekomendasi Cabup untuk Herdiat Sunarya

Sejalan dengan itu, partai Golkar sudah memastikan rekomendasi Calon Bupati Ciamis untuk Herdiat Sunarya.

Ketua DPD Golkar Ciamis, H. Trian Slamet Triana mengatakan, mengacu hasil survei tersebut, memberikan sinyal rekomndasi untuk Herdiat Suharta dari DPP.

“Jangankan pasangan calon, untuk Calon Bupati kami sudah memberikan sinyal rekomendasi DPP-nya akan jatuh ke incumbent, Herdiat Sunarya,” ujar Trian, Selasa (28/5/2024).

Trian mengungkapkan, melihat tahapan Pilkada Ciamis semakin dekat, namun belum ada kepastian satu paslon (pasangan calon) yang sudah pasti diusung koalisi partai  mendaftar ke KPU.

“Melihat kondisi saat ini, tiga bulan jelang pendaftaran pasangan calon ke KPU tapi belum ada kepastian satu pasangan pun yang sudah pasti diusung koalisi partai,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mengacu hasil survei diketahui sebanyak 82.0 persen publik mengatakan puas terhadap kinerja Herdiat Sunarya sebagai Bupati Ciamis.

“Sedangkan hanya 11.3%l persen publik mengatakan tidak puas (gabungan kurang puas dan sangat tidak puas),” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Trian, sudah dipastikan rekomendasi DPP Golkar akan diberikan kepada Dr. H Herdiat Sunarya.

“Apalagi sebanyak 76.4 persen publik mengatakan setuju Herdiat Sunarya mencalonkan kembali sebagai Bupati Ciamis 2024 – 2029, sedangkan 5.9 persen tidak setuju,” terangnya.

Golkar Optimis Mengusung Herdiat di Pilkada Ciamis 2024

Hal itu terbukti dari hasil survei, karena disandingkan dengan siapa pun Calon Bupati dari Partai Golkar, Herdiat Sunarya mendominasi raihan suara.

Hasil survei dalam beberapa simulasi, seperti tiga nama calon, dengan Ketua DPC Demokrat, Anjar Asmara dan Ketua Gerindra, Pipin Arip Apilin, Herdiat Sunarya peroleh angka elektabilitas 82.5 pesen, diikuti Anjar Asmara 2.6 persen, dan Pipin Arip Apilin 0.5 persen.

Dalam simulasi antara dua nama calon berhadapan dengan Ketua PAN Ciamis, Yana D Putra, Herdiat Sunarya memperoleh angka elektabilitas 81.7 persen, sedangkan Yana D Putra 4.9 persen,

Simulasi dua nama calon lainnya yaitu dengan Ketua DPC PDIP, Nanang Permana. Herdiat memperoleh angka elektabilitas 80.5 persen sedangkan Nanang 11.0 persen.

Begitu juga jika berhadapan dengan Anjar Asmara, Herdiat Sunarya memperoleh angka elektabilitas 82.5 sedangkan Anjar Asmara 2.8 persen.

“Golkar harus mengusung Calon Bupati yang jelas akan menang dalam Pilkada Ciamis 024,” tandasnya.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSuasana Malam di Saung Lek Dul Menyuguhkan Pesona Pedesaan 
Artikulli tjetërGolkar Adakan Survei, Muncul Nama Taufik Gumelar dari Kalangan ASN untuk Pilkada 2024