Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya saat menjadi Inspektur Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Hari Kesaktian Pancasila menjadi ajang untuk menekankan kembali pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda.

Hal tersebut Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sampaikan saat menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2023).

Kegiatan upacara berlangsung di halaman Pendopo Bupati Ciamis dengan tema ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’.

Kegiatan tersebut juga selenggarakan untuk mengenang dan memperingati nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Herdiat menekankan pentingnya pemahaman generasi muda terhadap nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pengikat kekuatan bangsa Indonesia.

Ia menyebutkan bahwa generasi muda harus memahami bahwa Pancasila adalah harga mati bagi kita semua.

“Mereka (generasi muda) dapat lebih memahami betapa pentingnya Pancasila dalam kehidupan kita,” katanya.

Ia juga mencatat bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memperkuat ideologi Pancasila kepada generasi muda dan pelajar.

Upaya ini kata Herdiat, mencakup pendidikan dengan mengadakan diklat empat pilar kebangsaan yang bertujuan untuk lebih mendalami tentang makna dan arti Pancasila.

Kegiatan tersebut lakukan untuk penguatan ideologi Pancasila yang laksanakan setiap sekolah melalui narasumber yang kompeten.

“Sehingga para pelajar dapat memahami, menghargai, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, melalui upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum penting.

Dalam hal memperingati nilai-nilai dasar negara yang menjadi sangat fundamental bagi bangsa Indonesia.

“Diharapkan generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang memajukan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik,” tandas Herdiat.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHari Kesaktian Pancasila, Kang Agun Ajak Masyarakat di Ciamis Amalkan Nilai Luhur Bangsa
Artikulli tjetërPembangunan Alun-alun Ciamis Rampung, Bupati Herdiat : Tetap Menjadi Kebanggaan Masyarakat