Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi (tengah) saat melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Juang Angkatan Darat di wilayah Dusun Muktiasih, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Dalam memperingati Hari Juang Angkatan Darat, Kodim 0613 Ciamis melaksanakan kegiatan bantuan sosial berupa penanaman pohon di wilayah dusun Muktiasih, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Kamis (14/12/2023).

Sebanyak 800 bibit pohon jenis Mangga, Durian Albasiah, dan Alkasiah ditanam di lahan seluas 6 hektar.

Tujuan dari penanaman pohon ini tidak hanya sebagai bentuk peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan serta memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, menekankan pentingnya keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk turut serta aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Penanaman pohon di lahan seluas 6 hektar diharapkan dapat meningkatkan kehijauan dan memberikan dampak positif terhadap iklim mikro di sekitar wilayah ini,” ujarnya.

Kehadiran tokoh-tokoh penting dalam kegiatan ini seperti Kasdim 0613/Ciamis, Mayor Arh Wilde Pangalareng, Danramil 1318/Langensari, Mayor Inf Dedi Suhendi, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat, menunjukkan dukungan kuat terhadap upaya pelestarian lingkungan dan peringatan Hari Juang TNI AD.

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen refleksi terhadap jasa para pahlawan TNI, tetapi juga menjadi langkah nyata dalam melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kelestarian alam. Semoga upaya ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk turut serta dalam pelestarian lingkungan dan kegiatan kemanusiaan,” terang Dandim.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kolaborasi antara unsur TNI, kepolisian, pemerintah, dan masyarakat dapat terjalin lebih erat untuk menjaga kelestarian alam dan menciptakan lingkungan yang sehat serta berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Aksi nyata ini membuktikan komitmen Kodim 0613 Ciamis dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan ini juga melibatkan Video Conference (Vicon) bersama Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, yang turut serta dalam upaya konservasi alam.

Dalam sambutannya, Kasad menekankan perlunya memerangi sampah plastik tidak hanya di pantai, tetapi juga di gunung dan sungai. Dia berharap Indonesia dapat bersatu dalam upaya melawan dampak negatif plastik.

Selain melaksanakan karya bhakti, Dandim juga membagikan paket sembako kepada lansia dan anak yatim. Hal ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkab Pangandaran Raih Penghargaan Bewara Priangan Timur tahun 2023 dari BI Tasikmalaya
Artikulli tjetërPamit Pindah Tugas, AKBP Catur Prabowo Silaturahmi dan Berikan Bansos ke Abang Becak di Alun-alun Kota Banjar