Ketua DPD Golkar Ciamis, H. Trian Slamet Triana (kiri) dan Sekretaris Baim Setiawan (kanan) saat membacakan hasil survei di gedung DPD Golkar Ciamis. Foto/Hendri.PasundddanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – DPD Golkar Ciamis merilis hasil survei untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Ciamis periode 2024-2029.

Survei tersebut dilakukan oleh lembaga Poltracking Indonesia  mulai tanggal 1 hingga 7 Mei 2024.

Dari hasil survei yang melibatkan 400 responden itu, muncul nama Taufik Gumelar dari kalangan Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Sejumlah nama yang dimunculkan dalam survei Golkar terkait dengan perhelatan Pemilihan Kenapa Daratan (Pilkada) Ciamis 2024 mendatang.

Taufik Gumelar mendapat dukungan masyarakat dengan tingkat keinginan 7% untuk menjadi pendamping Herdiat Sunarya pada Pilkada 2024.

Nama Taufik Gumelar berada pada posisi ketiga setelah Nanang Permana dengan tingkat keinginan 7,7% dari 20 nama untuk mendampingi Herdiat.

Sementara itu, posisi calon pendamping Herdiat Sunarya yang paling menjadi idola masyarakat pada Pilkada 2024, yakni Ketua PAN Ciamis, Yana D Putera, dengan tingkat dukungan 30,1%.

“Dari hasil survei ini ada satu nama dari kalangan ASN. Sementara untuk posisi pasangan Herdiat memang yang paling diinginkan publik yaitu Yana D Putera,” kata Ketua DPD Golkar Ciamis, Slamet Triana Selasa (28/5/2024).

Ia menuturkan, ada yang menarik, lantaran muncul nama ASN, yaitu Taufik Gumelar dengan tingkat dukungan 7%, selisih tipis dari Nanang Permana.

Baca Juga : Hasil Survei Internal Golkar, Herdiat Sunarya Teratas untuk Bacalon Bupati Ciamis 2024-2029

Survei Golkar Difokuskan untuk Bakal Calon Bupati Ciamis

Trian menegaskan rilis survei Golkar tahap pertama ini  sebenarnya belum fokus pada survei simulasi pasangan.

“Fokus untuk melacak figur yang paling berpeluang memenangkan Pilkada 2024 untuk diusung Golkar,” katanya.

Survei simulasi pasangan pelaksanaannya tahap dua dan tiga, kemungkinan besar ketika koalisi sudah terbentuk.

Trian melanjutkan, DPP Golkar menunjuk lembaga survei independen Poltracking untuk menyurvei bakal calon bupati di seluruh Indonesia termasuk Ciamis.

“Lembaga survei tersebut memang dipilih oleh DPP dan melakukan survei untuk bacalon bupati se Indonesia. Sebenarnya fokus pada calon bupati dulu,” tuturnya.

Herdiat Sunarya, sebagaimana hasil survei Poltracking, menempati peringkat pertama perihal popularitas, tingkat kesukaan dan elektabilitas.

Dari 20 nama yang muncul, tingkat popularitas Herdiat mencapai 86,4%, menyukai 78,1%, elektabilitas 82%. Dari nama-nama yang muncul posisinya sangat jauh.

“Tidak ada yang melebihi bahkan mendekati hasil survei Pak Herdiat Sunarya,” ungkapnya.

Merujuk hasil survei, Trian mengatakan bahwa sangat besar kemungkinan rekomendasi Golkar untuk Herdiat Sunarya sebagai calon bupati akan segera turun.

Survei Golkar menjelang Pilkada Serentak 2024 bertujuan melacak calon terkuat di seluruh Indonesia, dan hasilnya menurut Trian sangat objektif.

“Calon tidak ada yang tahu, kami dari Golkar juga tidak tahu dan tidak terlibat, jadi tidak ada pesanan,” tandas Trian.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHasil Survei Internal Golkar, Herdiat Sunarya Teratas untuk Bacalon Bupati Ciamis 2024-2029
Artikulli tjetërJelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kota Banjar Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban