Pertemuan Ketua penjaringan Calon Bupati/Calon Wakil Bupati Ciamis Partai Demokrat Ciamis Sopwan Ismail, Sekretaris DPC PKB Ciamis Irawan, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Yogi Permadi dan Sekretaris PKS Ciamis Ade Amran di salah satu kafe di jalan Ir. H. Djuanda Ciamis, Kamis (2/5/2024). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Empat Parpol (Partai Politik) di Kabupaten Ciamis adakan pertemuan di salah satu cafe di Jalan Djuanda Ciamis, Kamis (2/3/2024).

Dalam pertemuan itu, empat orang petinggi Parpol Ciamis diantaranya, Sopwan Ismail (Demokrat), Irawan (PKB), Yogi Permadi (PDI) dan Ade Amran (PKS) membahas bakal calon yang akan diusung untuk Pilkada 2024.

Pertemuan dengan nuansa santai namun serius itu, guna memecah kebuntuan dan empat petinggi partai bersiap mendorong pimpinan parpol untuk mematangkan koalisi.

Sopwan Ismail, Ketua penjaringan Cabup dan Cawabup DPC Demokrat Ciamis mengatakan, adanya pertemuan ini berawal dari koreksi atas terjadinya stagnasi politik di Kabupaten Ciamis.

Sopwan juga menyebutkan bahwa sampai hari ini belum muncul kerangka koalisi atau gambaran koalisi yang jelas.

“Sehingga, munculah kesepahaman bahwa mereka akan segera mendorong dan meminta pimpinan masing-masing Parpol untuk secepatnya menjajagi dan mematangkan koalisi,” kata Sopwan.

Siapkan ‘Satria Piningit’ untuk Pilkada Ciamis 2024 

Sopwan juga menjelaskan, keempat partai ini juga sedang mempersiapkan sosok ‘Satria Piningit’ figur yang memiliki integritas, pengalaman, serta kemampuan memimpin dan berkomunikasi yang baik.

“Pada Pilkada mendatang kami sepakat untuk mencari dan mendukung sosok yang dianggap sebagai ‘Satria Piningit’, seorang pemimpin yang diharapkan akan membawa perubahan positif bagi Ciamis,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Ciamis Irawan,
mengungkapkan, menyakini keempat Parpol ini jika bersatu membentuk koalisi akan mampu menghadapi siapapun lawan tandingnya di Pilkada Ciamis mendatang.

Irawan mengatakan, pada Pilkada Ciamis 2024 ini PKB hingga saat ini sedang menggodog kader internal untuk siap disandingkan .

“Kami saat ini sedang menggodog kader internal agar siap disandingkan dengan calon-calon yang mempunyai pemahaman dan tujuan yang sama,” ujarnya.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Ciamis, Yogi Permadi menyampaikan, partainya sudah memiliki tradisi mengusung kader.

“Dari beberapa kontestasi politik khusunya pilkada, kami memiliki kebiasaan untuk mengusung kader terbaik kami, dan itu akan di tentukan oleh DPP,” kata Yogi.

Sementara itu, Sekretaris PKS Ciamis, Ade Amran mengaku sudah memiliki kader yang harus didorong menjadi kandidat yakni Didi Sukardi dan Dede Herli.

“Terkait sosok ‘Satria Piningit, yang dibahas dalam pertemuan ini semua bersepaham sedang menunggu munculnya sosok Satria Piningit untuk Pilkada Ciamis 2024,” katanya.

Demokrat Ciamis Buka Ruang Komunikasi Politik, Bangun Koalisi untuk Pilkada 2024

Sopwan pun menjelaskan, sosok ‘Satria Piningit’ ini harus memenuhi seluruh kualifikasi yang akan menangkan di Pilkada Ciamis nanti.

Yakni figur yang memiliki visi, integritas, dan dedikasi untuk memimpin dan mengabdi kepada kepentingan rakyat Tatar Galuh Ciamis.

“Sama seperti halnya partai partai lain kami juga memiliki dan menyiapkan kader terbaik yang akan diusung sebagai calon bupati/ calon wakil bupati di Pilkada Ciamis nanti,” tuturnya.

Akan tetapi lanjut Sopwan, DPP memerintahkan DPC Demokrat Ciamis untuk membuka lebar penjaringan bakal calon bupati Ciamis.

“Jadi siapapun yang akan mendaftar sangat terbuka untuk umum,” ungkapnya.

Sopwan menambahkan, pihaknya pun terus melakukan komunikasi dengan partai lain, karena koalisi ini sangat terbuka dan tidak mengunci.

“Semoga saja dari hasil pertemuan ini ada lagi partai bertambah, karena dari komunikasi yang kami bangun memiliki visi yang sama untuk kemenangan rakyat,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKolaborasi dengan Lembaga Pendidikan Tinggi, Upaya Bersama Mencapai Kesejahteraan Masyarakat Jabar
Artikulli tjetërKPU Ciamis Tetapkan Hasil Pemilihan Anggota Legislatif 2024, 10 Partai Politik kembali Dominasi