Beranda Ciamis

Driver Gatrik Wanita Cantik Siap Antarkan Pengunjung Ke Obyek Wisata di Ciamis

Foto/Dok.Pasundannews.com
BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Galuh Tour Kota Klasik (Gatrik) yang menjadi armada andalan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Ciamis mempunyai ciri khas tersendiri untuk menarik minat para pengunjung.
Baru-baru ini, bus wisata Gatrik yang dikelola oleh Dinas Pariwisata melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis mempunyai driver wanita cantik yang siap mengantarkan para pengunjung ke tempat wisata di Ciamis.
Driver wanita cantik itu bernama, Tatim Fatimatunnisa (23) yang merupakan warga Kota Tasikmalaya. Meskipun usianya masih muda, driver cantik ini mahir sekali mengemudikan bus wisata Gatrik.
“Kalau mengemudi bus atau truk itu sudah biasa bagi saya, namun untuk Gatrik baru pertama kali. Tapi, kalau mengemudi truk atau Gatrik itu tidak ada bedanya, yang membedakan ketinggiannya saja,” kata Tatim, Rabu (19/8/2020).
Menurutnya, Gatrik mempunyai ketinggian atap yang berbeda dengan truk atau bus, serta gatrik itu jendelanya lebar. Jadi, masih ada rasa takut jika atap gatrik tersangkut ke kabel yang melintang ditengah jalan.
“Gatrik itu kan tinggi atapnya, jadi suka takut kalau ada kabel di tengah jalan yang dikira pendek, takut tersangkut,” ucapnya.
Tatim mengaku, belajar mengemudi roda 4 itu dari mulai kelas 6 sekolah dasar. Namun, dulu belajar di mobil pick up. Setelah itu, dilanjutkan dengan mobil truk.
“Menjadi driver gatrik di Ciamis baru pertama kalinya, dan ini baru sekitar 2 minggu. Untuk rute tripnya sendiri, saat ini masih sekitar kota Ciamis saja, belum ke daerah,” terangnya.
Tatim menambahkan, menjadi driver gatrik ini ada kesan berbeda salah satunya bisa lebih akrab dengan masyarakat, serta menjadi lebih tau akan potensi wisata di Ciamis.
“Ternyata, di Ciamis juga banyak potensi-potensi wisata yang menarik serta mengedukasi dan juga banyak nilai sejarahnya. Jadi, saya menjadi termotivasi dan semangat untuk mengantarkan para pengunjung menikamati indahnya wisata di Ciamis,” katanya.
Sementara itu, Ketua BPPD Ciamis, H. Endang Haris Juandana, melalui
Direktur Riset Kelembagaan, Kerjasama dan SDM, Syarif mengatakan, untuk Tatim yang menjadi driver gatrik itu saat ini masih dalam tahapan training.
Jadi, lanjut dia, kenapa driver gatrik kali ini wanita bukan halnya driver laki-laki pada umumnya, itu dikarenakan sebagai upaya untuk daya tarik agar meningkatan kunjungan wisata di Ciamis.
“Tatim bisa juga disebut Kartininya gatrik, karena satu-satunya driver wanita. Meskipun, wanita Tatim memiliki kemahiran dalam mengemudikan gatrik,” katanya.
Syarif menambahkan, saat ini driver gatrik ada tiga orang, itu sama Tatim driver wanita. Sedangkan, sistem kerjanya dengan cara shif atau pergantian. Hal itu untuk menjaga kesehatan driver.
Sedangkan untuk animo masyarakat dalam mengunjungi gatrik lumayan tinggi. Bahkan, ada wacana kalau gatrik akan ditambah satu unit lagi dari Pemerintah Provinsi.
“Alhamdulilah, animo masyarakat untuk ikut serta menggunakan gatrik dalam berwisata di Ciamis lumayan tinggi, per bulan Juli 2020 juga ada sekitar 843 pengunjung yang menaiki gatrik,” ucapnya.
Syarif berharap dengan adanya driver wanita bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan kunjungan wisata di Ciamis. Terlebih, nanti di tahun 2021 itu ditargetkan 800 ribu tingkat kunjungan wisata di Ciamis.
“Semoga target kunjungan wisata di Ciamis ini bisa tercapai. Namun demikian, kita juga membutuhkan dukungan dan support dari semua pihak agar bisa mencapai target yang ditentukan,” pungkasnya. (Ferry/Pasundannews.com)