Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Okta Jabal Nugraha (baju putih) saat ikut turun memungut sampah di Sungai Cileueur Maleber, Kabupaten Ciamis. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Kabupaten Ciamis menggelar bersih-bersih Sungai Cileueur.

Dalam hal ini, Pemda Ciamis melalui DPRKPLH memiliki komitmen untuk terus memelihara kawasan sungai.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day tahun 2024.

Selain itu kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-382.

Aksi bersih-bersih sungai ini berlangsung pada Kamis (20/6/2024) bertempat di DAS (Daerah Aliran Sungai) Cileueur Kelurahan Maleber Ciamis.

Mengusung tema ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan’ kegiatan turut menggandeng para stakeholder dan beberapa komunitas sungai.

“Dua tahun lalu Cileueur ini dibangun, kita akan lakukan aksi bersih-bersih sungai sepanjang 1,5 kilometer sampai dengan batas jembatan Maleber,” ujar Kepala DPRKPLH Ciamis, Okta Jabal Nugraha.

Baca Juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup, HMI Ciamis Gandeng DPRKPLH Adakan Kajian Pengelolaan Sampah 

Ia melanjutkan, aksi bersih-bersih Sungai Cileueur ini, turut mengundang semua stakeholder. Antara lain unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah) seperti BPBD dan Dinas PUPRP Ciamis.

Kemudian Camat, Lurah Ciamis dan Maleber, BKSDA, Perhutani, KPS (Komunitas Peduli Sungai) yaitu Jurig Cai dan Kopassus (Komunitas Peduli Anak Sungai Khusus).

Baca Juga : World Envirommen Day 2024, DPRKPLH Ciamis Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Lingkungan 

“Kegiatan atau aksi bersih-bersih sungai ini alhamdulilah disambut baik oleh semua pihak, semua terlibat aktif ikut turun membersihkan sungai,” ungkapnya.

Okta juga mengungkapkan, dipilihnya Sungai Cileueur untuk lokasi kegiatan, karena di sini sebagai lokus etalase perkotaan.

“Infrastruktur di Cileueur yang sudah terbangun ini perlu dijaga kelestariannya dan kenyamanannya,” katanya.

“Sehingga tidak ada satu pun pencemaran ataupun juga ulah pelaku-pelaku yang bisa mengotori lingkungan di sekitar Cileueur ini,” katanya menambahkan.

Kemudian, lanjut Okta, melalui kebersamaan ini, minimal bisa memberikan percontohan, rasa kepedulian, dan rasa berbudaya untuk peduli lingkungan.

“Agar kita memiliki lingkungan yang asri dan nyaman, jauh dari penyakit. Minimal menjadikan titik aktifitas bagi masyarakat saat di hari libur,” tuturnya.

Okta pun mengajak kepada seluruh masyarakat Ciamis untuk selalu menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

“Alam ini tanpa ada sentuhan dan kepedulian dari kita tak akan terjaga. Kami mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian alam, bagaimana lingkungan hidup itu sangat penting, sangat berarti,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkot Banjar Gercep Tindaklanjuti Laporan Kondisi Rumah Engkus di Purwaharja
Artikulli tjetërEvaluasi 60 Hari Kerja Pj Bupati Ciamis, Endin Lidinillah Soroti Target Capaian RLS di RPJPD 2024-2045