DPRKPLH Kabupaten Ciamis menggelar pertemuan dan silaturahmi bersama komunitas peduli sungai (KPS) di Cileueur River Walk, Ciamis, Kamis (18/1/2024). Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Kabupaten Ciamis gelar silaturahmi bersama komunitas.

Dalam hal ini, Pemkab Ciamis melalui DPRKPLH memiliki komitmen untuk terus memelihara kawasan sungai.

Kolaborasi bersama 12 Komunitas Peduli Sungai (KPS) Kabupaten Ciamis menjadi bentuk kepedulian pemda Ciamis.

Kegiatan silaturahmi tersebut berlangsung pada Kamis (18/1/2024) bertempat di Cileueur River Walk, Ciamis.

Silaturahmi bersama sejumlah komunitas itu bertujuan untuk membentuk komunitas inti yang disebut Kopassus, Komunitas Peduli Anak Sungai Khusus Kabupaten Ciamis.

Menurut Rini Valianti sebagai Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DPRKPLH Ciamis mengatakan, selama ini banyak anak sungai yang pengawasan, penjagaan dan perlindungannya belum terjamah sepenuhnya.

Maka, tambahnya, bentuk Forum yang terdiri dari KPS tersebut dengan nama yang lebih spesifik.

“Ternyata banyak anak-anak sungai yang tersebar di Kabupaten Ciamis tetapi setiap komunitas yang kumpul kok hanya ini-ini saja maka dari itu saya membuat Kopassus Kabupaten Ciamis yaitu Komunitas Peduli Anak Sungai khusus Kabupaten Ciamis, saya mengajak rekan-rekan komunitas untuk menularkan virus-virus mereka terhadap kecintaan akan sungai untuk menjaga ekosistem sungai,” paparnya.

Menjaga dan Memelihara Ekosistem Sungai.

Ia menegaskan bahwa bukan hanya rekan komunitas yang aktif berperan dalam penjagaan ekosistem sungai.

Namun, terdapat peran serta dari dinas terkait sampai aparatur pemerintahan desa yang bersinergi bersama-sama menjaga dan memelihara ekosistem sungai.

“Jadi para rekan komunitas memberi masukkan atas hal-hal apa yang harus dilakukan untuk menjaga ekosistem sungai selanjutnya kami dalam hal birokrasinya yang berupa prosedur akan membuat surat atas nama Dinas, dimana Dinas mengeluarkan surat atas nama Dinas kepada Kecamatan untuk disampaikan kepada desa-desa atau wilayah Kecamatan dan Desa dimana kita harus bersama-sama menjaga ekosistem sungai yang mengalir di wilayahnya,” tuturnya.

Ia pun menjelaskan bahwa untuk menunjang kelangsungan hidup masyarakat salah satunya dengan menjaga lingkungan maka akan diadakan pembinaan untuk komunitas khususnya dan masyarakat umumnya.

“Nah sesuai tupoksi kami Dinas Lingkungan Hidup akan menindaklanjuti hal penjagaan dan pemeliharaan lingkungan dengan mengadakan pembinaan dan lain-lain dengan misi menyebarkan virus-virus kecintaan kita terhadap lingkungan khususnya sungai dari pencemaran kerusakan lingkungan,” tandasnya.

Diketahui menurut data BBWS di Kabupaten Ciamis ada sekitar 1.700 anak sungai yang mengalir yang merupakan Dash Citanduy.(Herdi/PasundanNews.com)