Istimewa

PASUNDANNEWS.COM – Meski 1 Muharram telah lewat, tetapi momen tahun baru Islam masih disemarakkan oleh sebagian umat muslim di Indonesia.

Pasalnya, bulan ini termasuk salah satu bulan suci, di mana oleh Rasulullah, umat Islam diperintahkan untuk berintrospeksi diri (muhasabah), baik untuk tahun yang telah lewat maupun tahun yang akan datang.

Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 H diperkirakan akan jatuh pada hari Sabtu 30 Juli 2022 besok.

Melansir laman Pikiran Rakyat, Senin (1/8/2022), para ulama menyarankan agar pada awal tahun baru Islam yaitu pada 1 Muharram, umat muslim dapat melaksanakan sholat taubat yang dilanjut dengan membaca Doa Akhir dan Awal Tahun.

Sholat Taubat dikerjakan sebanyak 2 rakaat, 4 rakaat atau 6 rakaat, sehingga pada awal Tahun diri kita insya Allah sudah kembali bersih.

Doa akhir tahun Hijriyah dibaca setelah salat ashar hingga sebelum memasuki waktu maghrib pada akhir tahun Dzulhijah dan do’a awal tahun dibaca setelah sholat magrib pada malam tanggal 1 Muharram.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Syaikh Abbas Al-Qummy dalam kitabnya, Mafatihul Jinan, keutamaan dalam membaca doa akhir dan awal tahun adalah untuk menghapus dosa selama setahun yang lalu dan dijaga dari fitnah setan untuk setahun berikutnya.

Inilah doa akhir tahun dari kitab Maslakul Akhyar dari Sayid Utsman bin Yahya,

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya: “Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahanMu sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karenanya aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. Ya Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawananMu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba.

“Kami mohon kepadaMu pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepadaMu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih.”

Demikianlah tatacara membaca doa akhir tahun dan awal tahun serta terjemahannya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaAkankah Fabio Quartararo Mendapat Kemenangan Keempatnya? Ini Jadwal MotoGP Inggris 2022
Artikel berikutnyaPuasa Bulan Muharram 1444 H, Berikut Daftar dan Jadwalnya