Ditbinmas (Direktorat Pembinaan Masyarakat) Polda Jabar adakan kunjungan ke Poskamling Blok Cimentek Kabupaten Pangandaran pada Rabu (29/5/2024). Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Ditbinmas (Direktorat Pembinaan Masyarakat) Polda Jabar adakan kunjungan ke Poskamling Blok Cimentek Kabupaten Pangandaran pada Rabu (29/5/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kemanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) mendukung program operasi Mantap Praja Lodaya dan Operasi Jaran Lodaya 2024.

“Kegiatan kunjungan ini dalam rangka meninjau sekaligus pembinaan terhadap Poskamling di wilayah Pangnadran,” ujar Paurbinorsosmas Ditbinmas Polda Jabar, Iim Rohimat.

Iim mengatakan, sesuai laporan yang ia terima bahwa ada poskamling di wilayah Pangnadran yang dikategorikan aktif.

“Sesuai dengan penunjukan Polres Pangandaran, bahwa ada Poskamling yang dikatagorikan aktif dan posnya  dilengkapi sarana CCTV, dan sebagainya,” katanya.

Selain meninjau lokasi pos ronda, pihaknya juga lakukan pembinaan dan memberikan bantuan sarana penunjang untuk kebutuhan di pos ronda.

“Untuk menunjang pelaksanaan tugas perondaan warga yang ada disini, seperti tongkat, borgol, jam dinding, senter, jaz hujan.” Kata Iptu Iim Rohimat.

Iim mengimbau kepada masyarakat khususnya petugas ronda agar selalu waspada dan segera ambil tindakan jika ada orang yang dianggap mencurigakan.

Jika orang yang mencurigakan tersebut ada indikasi ke tindak pidana, maka segera diamankan untuk selanjutnya melapor ke Babinkantibmas setempat.

“Seandainya sudah memang permasalahan A 1 baru di bawa ke Polsek untuk ditindaklanjuti,” kata Iim.

Menurutnya, Poskamling merupakan pilar keamanan di desa untuk menjamin keamanan lingkungan di tingkat bawah.

Oleh karenanya, lanjut Iim, keberadaan poskamling perlu ditingkatkan mengingat tingginya angka kejahatan di masyarakat.

Iim juga berpesan agar masyarakat selalu selektif terhadap berita-berita atau informasi yang tidak jelas sumbernya.

“Informasi yang tidak benar ini namanya dapat berpotensi membenturkan kita dan memecah belah hanya gara-gara ada informasi hoax,” Tandasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBambang Hidayah Jadi ‘Kuda Hitam’ di Pilkada Banjar 2024, Hasil Survei Berada Diperingkat Ketiga Teratas 
Artikulli tjetërDukung Ekonomi Hijau, Bank BJB Raih Dua Penghargaan Transparansi dan Penurunan Emisi Terbaik 2024