Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Dr. H. Wasdi, M.Si. Foto/ Hendry.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis telah membentuk tim monitoring dan evaluasi (Monev) untuk melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan Covid-19 ke berbagai destinasi atau objek wisata di Ciamis.

Kepala Dinas Pariwisata, Dr. H. Wasdi Ijudin mengatakan, dibentuknya Monev tersebut untuk meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19 pasca perayaan Natal dan libur panjang tahun baru 2021.

“Tim Monev ini ditugaskan untuk melakukan evaluasi, sosialisasi serta memberikan edukasi prokes kepada masyarakat yang hendak berlibur di Ciamis,” kata Wasdi, Kamis (24/12/2020).

Selain itu, lanjut Wasdi, tim Monev ini juga ditugaskan untuk melakukan intensifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pariwisata yang di Ciamis.

“Pariwisata Ciamis harus tetap berjalan, tapi juga jangan sampai ada yang terpapar menjadi klaster baru dari pariwisata. Kita harus memperoleh kebaikan di akhir tahun ini, tapi harus ada upaya meminimalisir, menjauhkan dari kemadaratan wabah ini (Covid-19),” ujarnya.

Wasdi mengungkapkan, pihaknya sudah mengirim surat untuk pengelola obyek wisata lokal yang ada di Ciamis, agar disiplin menerapkan prokes Covid-19.

“Kami sudah memberikan himbauan melalui surat yang sudah dikirim ke seluruh destinasi atau objek wisata agar selalu disiplin menerapkan prokes Covid-19,” ungkapnya.

Wasdi menjelaskan, pihaknya tidak mewajibkan wisatawan yang ingin berlibur di Ciamis agar terlebih dahulu di tes Rapid Antigen. Karena, di Ciamis hanya wisatawan lokal saja.

Wasdi juga menghimbau, kepada masyarakat agar tidak bepergian ke luar daerah saat libur panjang, sesuai surat edaran Menpan RB, Gubernur Jawa Barat serta Bupati Ciamis.

“Berwisata di Ciamis saja. Karena, wisata di Ciamis juga banyak yang menarik dan mengasyikan. Namun, tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak,” pungkasnya.

Artikulli paraprakSiap-siap, Rest Area Tol Cipularang dan Tol Cipali Jadi Sasaran Tes Masif Covid-19
Artikulli tjetërAkhir Tahun, Pemkab Cianjur Monitoring Pasar Rakyat